Tidak Lagi Terima LHP, Helmud Surati Inspektorat Sangihe

0
235

 

Wakil Bupati Sangihe, Helmud Hontong. (ISTIMEWA/KOMENTAR.ID)

Tahuna, KOMENTAR.ID

Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe Provinsi Sulawesi Utara, Helmud Hontong ternyata telah dua kali menyurati Inspektorat Sangihe, berkaitan dengan dirinya belum menerima Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) terhadap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Tahun 2020.
Helmud saat kongkow-kongkow bersama sejumlah wartawan di salah satu rumah makan di Kota Tahuna belum lama ini mengatakan, baru tahun 2020 Inspektorat tidak memberikan LHP kepada dirinya. Sehingga ia terpaksa harus menyurat, dengan alasan LHP sangat penting sebagai panduan untuk tupoksi wakil bupati dalam menjalankan fungsi pengawasan.
“Memang baru tahun 2020 saya belum menerima LHP Inspektorat, kalau tahun sebelumnya rutin saya terima, sehingga saya harus menyurat sampai dua kali. LHP sangat penting bagi saya karena akan menjadi panduan bagi saya  dalam menjalankan fungsi pengawasan, bukan untuk mencari-cari kesalahan,” kata Helmud. 
Ia mengaku kembali akan menyurati Inspektorat sampai tiga kali, karena jika sampai tiga kali suratnya tak digubris, Helmud berjanji akan menempuh cara lain dengan meminta langsung LHP pada Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK-RI).
“Saya sangat butuh LHP Inspektorat, tapi jika permintaan saya tak digubris, saya akan langsung meminta kepada BPK yang juga ada LHP terhadap seluruh OPD dilingkup Pemkab Sangihe,” tegasnya.
Dikonfirmasi terpisah, Kepala Inspektorat Kabupaten Kepulauan Sangihe, Nusrianto Pande, tak menepis adanya surat dari Wakil Bupat tersebut, hanya saja menurut Nusrianto, pihaknya sudah memberikan LHP dimaksud langsung kepada bupati.
“Memang sudah dua kali pak Wakil Bupati menyurati agar LHP diberikan kepadanya, tapi untuk laporan tahun 2020 kami sudah langsung memberikannya kepada pak Bupati dan tak lagi melalui pak Wakil Bupati, seperti tahun-tahun sebelumnya,” terang Nusrianto dikonfirmasi di ruang kerjanya, Kamis (21/01/21).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here