Terjadi di Minahasa Utara, Oknum Perangkat Desa Protes Keputusan Bupati

0
1236
Salah satu poster yang dibawa warga saat melakukan aksi.

Minut, KOMENTAR.ID

Ada oknum perangkat desa di Kabupaten Minahasa Utara (Minut), di Sulut, dengan tegas menolak keputusan pimpinannya. Tak tanggung-tanggung, adalah keputusan Bupati Joune JE Ganda, SE, MAP, MM, M.Si, yang mengganti penjabat Hukum Tua menjadi alasan utama perlawanan itu.

Adalah sejumlah perangkat desa dari wilayah kecamatan Kema yang meminta Bupati JG meninjau kembali keputusan mengganti penjabat Hukum Tua lama dengan figur baru.

“Kami minta agar Pak Bupati mempertimbangkan kembali keputusan mengangkat penjabat Hukum Tua yang baru,” pinta Jein, salah satu perangkat desa dalam aksi protes itu.

Bahkan, ia dengan tegas menyatakan apabila permintaan warga tidak dipenuhi, maka semua perangkat desa akan mengajukan pengunduran diri.

“Kami sudah sepakat dan siap mundur apabila permintaan kami tidak digubris,” tegasnya.

Diketahui, baru-baru ini Bupati JG melantik 54 penjabat Hukum Tua secara serentak.

Di antara figur-figur penjabat yang dilantik, terdapat nama Elia Buntuan yang menggantikan Indra Kristi Rompas sebagai penjabat Hukum Tua Lilang.

Sejumlah warga yang keberatan dengan pergantian ini langsung protes dengan melakukan aksi di kantor desa yang kemudian berlanjut ke kantor DPRD, Rabu (24/5/2023).

Adapun yang menjadi alasan protes itu adalah Penjabat Hukum Tua lama dinilai memiliki kinerja baik sehingga tidak perlu diganti.

[kid/ein]

Manggis Travel