Tepis Isu Miring Soal Agenda Paripurna, Bawangun: Aturannya Jelas

0
234

Talaud, KOMENTAR.ID

Manggis Travel

Sekretaris DPRD Kabupaten Talaud Arvan Bawangun tepis berita yang beredar di salah satu media online, terkait rapat Paripurna Penetapan APBD Perubahan TA 2022 di Lingkup Pemkab Talaud.

Disebutkan bahwa agenda tersebut tidak kourum.

Berbicara kepada media ini Bawangun saat di ruangan kerjanya mengatakan, pada prinsipnya Penetapan APBDL TA 2022 bulan September lalu telah dinyatakan Kourum berdasarkan daftar hadir 18 anggota DPRD Talaud yang hadir.

“Berdasarkan tatib DPRD Kabupaten Talaud, Paripurna Penetapan APBD-P TA 2022 adalah Kourum, kalau tidak Kourum tidak bisa di lakukan Rapat Paripurna,” Jelas Bawangun.

Tak hanya itu Arvan juga menyampaikan, bahwa sebelum rapat Paripurna di gelar, DPRD Talaud telah melaksanakan rapat gabungan komisi pada jam sebelumnya, sehingga keputusan untuk melanjutkan rapat bisa di laksanakan.

Tidak sampai situ saja, menurutnya agenda paripurna penetapan APBDP sudah sesuai dengan aturan dan tahapan.

“Jadi keliru kalau dikatakan seperti itu. Tidak ada istilah bahwa rapat Paripurna itu adalah kemauan Ketua DPRD. melainkan seluruh komisi gabungan yang hadir menyetujui Rapat Paripurna tersebut hingga dinyatakan Kourum. Jadi aturannya jelas,” tegas Arvan.

Disisi lain, terkait pernyataan dirinya kepada salah satu wartawan di manado pada waktu lalu, semata karena tidak ingin melangkahi pimpinan.

“Berdasarkan aturan tidak bisa memberikan komentar tanpa ada persetujuan kepada Pimpinan DPRD terutama Ketua,” ungkap Arvan.

Ia juga menjelaskan bahwa Pembahasan APBD Perubahan telah melalui prosedur tahapan seperti melakukan koordinasi bersama Biro Pemerintahan Provinsi Sulawesi Utara.

“Dapat saya luruskan bahwa menyikapi adalah kewenangan Pimpinan DPRD dan saya tidak berwenang tentang hal itu, kecuali ada pelimpahan dari ketua DPRD sehingga saya dapat menjelaskan,” tutup Bawangun yang merupakan Ketua Dewan Adat Kabupaten Talaud.

[Kid/ndo]