Tak Hanya Pariwisata, Ini yang Dilakukan Pemdes Darunu Support Pengembangan Bakat Para Pelajar SD se-Kecamatan Wori

0
460
Camat Wori, Endru Palandung didampingi Hukum Tua Darunu, Ruddy B Jacobus, foto bersama panitia dan sejumlah kepala sekolah.

Minut, KOMENTAR.ID

Bukan rahasia lagi jika saat ini Pemerintah Desa (Pemdes) Darunu, terus menggenjot pengembangan pariwisata. Hal ini dibuktikan dengan pesona Darunu Mangrove Park yang kian akrab dengan masyarakat Sulut.

Nampak pertandingan sepak bola sedang berlangsung di lapangan desa Darunu.

Namun demikian, ternyata upaya meningkatkan eksistensi sektor pariwisata tidak semata-mata membuat Pemdes Darunu di bawah komando Hukum Tua Ruddy B. Jacobus, mengabaikan hal lain.

Pasalnya, pelaksanaan lomba Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) dan Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N), turut mendapat support penuh.

Suasana ramai di lokasi pelaksanaan lomba O2SN dan FLS2N tingkat SD se-Kecamatan Wori.

Diketahui, desa Darunu menjadi tuan rumah kegiatan O2SN dan FLS2N tingkat SD se-Kecamatan Wori, Selasa (22/4/2024).

Kegiatan ini dipusatkan di lapangan sepak bola desa Darunu yang dibuka oleh Camat Wori, Endru Palandung, didampingi Hukum Tua Ruddy B Jacobus serta Kepala Bidang Sekolah Dasar dan Kepala Seksi Kurikulum di Dinas Pendidikan Minut.

Hukum Tua Darunu, Ruddy B Jacobus

“Besar harapan saya kegiatan ini boleh menjadi ajang untuk meningkatkan bakat serta potensi para siswa, termasuk menjaring atlet dan seniman sesuai talenta masing-masing,” kata Palandung.

Selain itu, ia juga berharap lewat lomba yang dilaksanakan, boleh menghasilkan atlet-atlet berbakat untuk kemudian mewakili Kecamatan Wori di ajang serupa untuk tingkat Kabupaten atau bahkan ke level yang lebih tinggi.

“Termasuk juga boleh menuntun para siswa untuk bagaimana menjunjung tinggi sportivitas,” kuncinya.

Sementara itu, Hukum Tua Darunu, Ruddy B. Jacobus, mengaku senang dengan dipercayakannya desa Darunu sebagai tuan rumah iven rutin yang digelar setiap tahun ini.

“Dipercayakan desa Darunu sebagai tuan rumah tentu menjadi bukti bahwa pemerintah desa maupuan masyarakat Darunu sangat welcome dengan siapa saja yang ingin datang ke sini,” ujarnya.

Apalagi, sambung dia, saat ini penataan lokasi wisata di Darunu Mangrove Park semakin rampung, sehingga pihaknya makin terbuka dengan setiap orang yang datang.

“Saya berharap bukan hanya hari ini desa Darunu mendapat kepercayaan seperti ini (Jadi tuan rumah kegiatan). Tapi kapan saja bisa, karena dengan adanya kegiatan seperti ini, akan ikut menunjang peningkatan ekonomi para pelaku usaha kecil, termasuk di dalamnya adalah warung-warung,” tutupnya sembari mengapresiasi Kepala Sekolah SD GMIM Darunu, Elias Kantale, yang boleh memprakarsai sehingga desa Darunu boleh jadi tuan dan nyonya rumah.

Ditemui di momen yang sama, Elias Kantale, menyampaikan terima kasih kepada pemerintah desa Darunu yang mendukung penuh kegiatan ini.

“Termasuk juga Pak Camat Wori (Endru Palandung) yang sudah ikut ambil bagian sekaligus memberi support penuh pada kegiatan ini,” ungkapnya.

Sekadar diketahui, kegiatan yang diikuti oleh kurang lebih 18 sekolah dasar se-Kecamatan Wori ini akan melombakan beberapa jenis cabang olahraga di antaranya sepak bola, volly, atletik hingga bintang vokalia.

[ein/kid]