Tahun 2021 Kampung Laine Awali Bimtek Peningkatan Kapasitas Perangkat

0
303

Jefry Gaghana sedang berikan bimtek kepada perangkat kampung Laine (Foto Komentar.ID)


Tahuna, KOMENTAR.ID

Kapitlaung (Kepala kampung) bersama jajaran dan Majelis Tua-tua Kampung (MTK), termasuk Kepala Lingkungan (Pala) Kampung Laine Kecamatan Manganitu Selatan (Mangsel) mengikuti Bimbingann Teknik (Bimtek) Peningkatan Kapasitas Aparat Kampung yang diselenggarakan di kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Kepulauan Sangihe.
Nara sumber sekaligus pemberi materi langsung dari Kepala Dinas PMD Sangihe Jefry Gaghana,  Kepala Bidang Pemberdayaan Desa, Julian Pesik dan Kepala Bidang Kelembagaan jhon Benyamin.
Bimtek Kampung Laine menjadi yang perdana di tahun 2021 dan merupakan agenda lanjutan tahun sebelumnya.
Sementara untuk materi bimtek disampaikan secara bergiliran oleh ketiga nara sumber dengan lima sesi pemaparan, yakni bidang pembangunan, pemerintahan, kemasyarakatan, pemberdayaan dan kebencanaan.
Yang menarik, saat memaparkan materi pemberdayaan, Kadis PMD Jefry Gaghana turut menyentil bidang kebencanaan kerawanan Kampung Laine yang rawan bencana banjir sehingga perlu kepekaan aparat kampung dalam menyikapinya.
Yanrianti Kalombone, Kapitalaung Laine (Foto Komentar.ID)
Ia juga meminta pihak kampung mampu mengelola anggaran dana desa dengan baik, sehingga out put dari dana desa dapat diberdayakan bagi kemajuan kampung serta pemberdayaan masyarakat itu sendiri. 
“Selain pengelolaan dana desa yang efektif dan transparan, agar dapat diberdayakan dimasyarakat, kita juga harus tetap peka dengan kebencanaan, apalagi kampung Laine rawan terkena banjir,”kata Jefry
Pola bimtek juga terlihat hidup, karena selain menyiapkan sesi tanya jawab, disaat pemaparan materi Jefry juga langsung berinteraksi dengan peserta sekaligus meminta tanggapan peserta bimtek terkait materi bergambar yang harus ditanggapi peserta.
Dikonfirmasi usai bimtek, Kapitalaung Laine, Yanrianti Kalombone mengakui bimtek merupakan kebutuhan jajaran kampung Laine dalam lebih memahami berbagai aturan dan ketentuan perundang-undangan yang berlaku, apalagi jajaran kampung dan anggota MTK termasuk wajah-wajah baru.
“Jadi bimtek memang harus dilaksanakan karena ini sangat bermanfaat bagi kami dan perangkat kampung untuk lebih memahami tupoksi masing-masing, sehingga kedepan kami berharap semua yang telah mengikuti bimtek juga dapat memahami aturan-aturan yang terkait dengan pemerintah kampung,” ujarnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here