SMP Negeri 11 Manado Jalin Kerjasama Dengan UNIMA Terkait Pengembangan Sekolah Berbasis Budaya Lokal

0
Foto bersama Kepala SMPN 11 Manado, Drs Enoch Saul dengan SMP Negeri 11 Manado dengan Pembantu Rektor 1 Prof. Dr. Orbanus Naharia, M. Si.

Manado, KOMENTAR.ID

Pembinaan serta pengembangan sekolah berbasis budaya lokal terus dilakukan SMP Negeri 11 kota Manado, di Sulawesi Utara. Terbukti, setelah penguatan di internal lewat pendidikan karater berbasis budaya lokal, kini sekolah yang terletak di Kelurahan Sumompo, Kecamatan Tuminting ini mulai berekspansi keluar.

Tak tanggung-tanggung, salah satu perguruan tinggi ternama di tanah Nyiur Melambai (baca: Sulut), yakni Universitas Negeri Manado (UNIMA) dijadikan mitra kerja.

Hal ini terlihat lewat pertemuan kepala sekolah dengan pihak rektorat, Kamis (19/01/2023).

Kepala SMP N 11 Manado, Drs Enoch T Saul, ketika dikonfirmasi, tidak menampik hal ini.

“Ya, kita sudah bikin pertemuan sampaikan itu (rencana kerjasama) ke pihak kampus, dan puji Tuhan mendapat sambutan positif dari mereka (UNIMA),” kata Enoch saat dikonfirmasi di sela-sela kunjungan Presiden Ir Joko Widodo ke Sulut.

Kepala SMPN 11 Manado, Drs Enoch T Saul sharing dengan Rektor UNIMA Prof. Dr. Deitje A. Katuuk, M. Pd, di salah satu hotel ternama di Kota Manado.

 

Bahkan, sambung dia, dari pertemuan tersebut terdapat beberapa poin penting yang akan ditindaklanjut.

“Selain mereka (UNIMA) siap bekerjasama, SMP Negeri 11 juga akan dijadikan laboratorium penelitian UNIMA,” ungkapnya.

Tidak hanya itu, program pengabdian pada masyarakat juga akan diarahkan ke sekolah yang identik dengan salam ‘Tabea’ itu.

“Pelatihan-pelatihan seni dan budaya akan diarahkan ke SMPN 11. Termasuk juga mahasiswa PPL dan KKN,” tuturnya sembari menyebutkan pekan depan dia bersama Kepala Dinas Pendidikan Kota Manado diundang Rektor ke kampus UNIMA.

[***/ein]