Sandiaga Uno: Membangun Mimpi dan Masa Depan Pariwisata Sulawesi Utara

0
314
perjalanan Menteri Sandiaga Uno dalam meresmikan Gedung Politeknik Pariwisata Manado di Sulawesi Utara
perjalanan Menteri Sandiaga Uno dalam meresmikan Gedung Politeknik Pariwisata Manado di Sulawesi Utara

Manado,KOMENTAR.ID

Manggis Travel

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno, memberikan sentuhan inspiratif pada tanggal 8 Agustus 2023, saat ia meresmikan dimulainya pembangunan Gedung Politeknik Pariwisata di Manado, Sulawesi Utara.

Dalam momen bersejarah ini, juga terangkat tirai dari program studi baru yang berlokasi di luar kampus utama Politeknik Pariwisata Bali di Kota Manado, membawa semangat baru bagi pendidikan dan industri kreatif di daerah ini.

Sandiaga muncul dengan pesona penuh karisma, mengenakan seragam resmi yang terdiri dari kemeja putih dan celana khaki. Namun, momen paling menarik adalah saat ia mengenakan rompi dan topi proyek, memasuki tahap selanjutnya menuju lokasi peresmian.

Dalam pidatonya yang bersemangat, ia membagikan bagaimana Politeknik Pariwisata di Manado tidak hanya menjawab panggilan masyarakat Sulawesi Utara, tetapi juga adalah buah dari kerja keras dan komitmen Gubernur Olly Dondokambey.

Sandiaga dengan tulus mengingat kembali saat-saat sulit pariwisata saat dia tiba di Manado, di mana industri ini hampir meredup. Tetapi, dari masa kelam itu, ia menemukan fokus untuk membangun kekayaan terbesar dalam pariwisata, yaitu Sumber Daya Manusia (SDM). Ia yakin bahwa destinasi super prioritas Likupang tidak hanya didukung oleh Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), tetapi juga akan mendatangkan investasi besar sebesar Rp 5 Triliun.

Sumber: Tribun Manado

Namun, yang lebih menggugah adalah tekadnya untuk memberikan lapangan kerja lebih dari 65 ribu di Sulawesi Utara dalam 10-15 tahun mendatang. Ini bukan sekadar angka, tetapi janji nyata untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan pembukaan peluang bagi masyarakat setempat.

Sandiaga dengan percaya diri menyatakan bahwa kehadiran Politeknik Pariwisata di Manado adalah langkah nyata dalam menghadapi tantangan ini. Ini adalah wujud tanggapan terhadap kebutuhan akan SDM berkualitas yang mampu bersaing dengan segenap talenta ASEAN.

Visinya sangat kuat: Politeknik Pariwisata yang dibangun di atas lahan seluas 20 hektar akan menjadi pangkalan unggulan bagi sektor perhotelan, ekonomi kreatif, dan pariwisata. Tetapi, ini bukan hanya tentang Sulawesi Utara, melainkan juga mengangkat derajat Indonesia bagian timur secara keseluruhan.

Tidak hanya berbicara tentang pembangunan fisik, Sandiaga menggarisbawahi pentingnya menjadikan Politeknik Pariwisata Manado sebagai contoh konsep pariwisata hijau. Dia memaparkan keyakinannya bahwa ini adalah arah masa depan yang memprioritaskan lingkungan dan keberlanjutan. Konsep ini terhubung dengan manajemen air yang bertanggung jawab, pengelolaan sampah yang berkelanjutan, dan integrasi energi terbarukan.

Dengan semangat yang menggebu, Sandiaga tidak hanya meresmikan bangunan fisik, tetapi juga membawa mimpi, aspirasi, dan rencana nyata untuk membentuk masa depan yang cerah bagi industri pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia. (TM/HK)