Puncak Pidhu, Dipersiapkan Jadi Spot Baru Wisata Kampung Pusunge

0
318

Tadius Haribulan Kapitalaung Pusunge (Foto Komentar.ID)


Tahuna, KOMENTAR.ID

Setelah sukses menata lokasi pariwisata puncak Pusunge, Pemerintah Kampung Pusunge Kecamatan Tabukan Utara kini kembali mempersiapkan spot wisata baru, yakni puncak Pidhu.
Hal ini diungkap Kapitalaung (Kepala kampung) Pusunge, Tadius Haribulan disela-sela kegiatan bimbingan teknik peningkatan kapasitas perangkat kampung di kantor Kampung Pusunge, Selasa Rabu (03/02/21).
Dijelaskan Tadius, jika Puncak Pusunge yang sudah dikenal wisatawan tanah air dan mancanegara menghadap ke arah selatan dengan keindahan pemandangan teluk kota Tahuna, posisi letak Puncak Pidhu justru menghadap arah barat dengan fokus pandang laut lepas dan wilayah Tahuna Barat, termasuk menghadap ke posisi gunung api Awu.
“Jadi untuk Puncak Pidhu fokus pemandangannya bertolak belakang dengan Puncak Pusunge, sebab dari Puncak Pidhu akan lebih dekat jika ingin melihat posisi gunung Awu dan kawasan laut lepas,”ungkap Tadius.
Yang menjadi daya tarik lain Puncak Pidhu, lanjut Kapitalaung yang kembali memimpin Pusunge setelah periode sebelumnya terlepas, dibagian lereng menuju puncak juga telah menjadi kawasan pertanian, mulai dari ubi jalar, singkong dan sayur-sayuran yang bisa memanjakan mata pengunjung.
“Hasil pertanian Pusunge terfokus di kawasan Puncak Pidhu salah satunya, dan ini juga menjadi daya tarik tersendiri, sebab disana hampir setiap hari ada panen untuk dijual ke pasar Towoe Tahuna,” bebernya.
“Untuk kesiapan Puncak Pidhu kami rencanakan rampung tahun ini, karena saat ini jalan perkebunan menuju puncak hanya lebar sekitar 2,5 meter dan masih sekitar 200 meter harus jalan kaki. Semoga saja tahun ini jalannya sudah rampung sehingga pengunjung sudah nyaman ketika hendak ke puncak,” tutup Tadius.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here