PTSP Manado Legalkan Bangun Talud di Bantaran Sungai

0
926
Bangunan Talud di bantaran sungai Jembatan Miangas Tikala Ares Manado. (foto rollysondakh)


Manado, KOMENTAR.ID

 

Bangunan Talud di Daerah Bantaran Sungai Jembatan Miangas Tikala dilegalkan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Manado, dalam hal ini Dinas PTSP Manado. Padahal Talud dengan kapasitas Lebar tiga meter dan panjang kurang lebih hampir 15 meter tersebut sangat nampak memperkecil luas bantaran sungai itu.

Anggota DPRD Manado Meikel Stif Maringka angkat bicara terkait hal itu. Menurutnya, Pemkot harusnya bisa lebih bijaksana dengan kondisi yang ada.

“Saya kira suatu hal yang menarik apabila ada bangunan di atas bantaran sungai, tanpa ijin lagi. Dengan kondisi saat ini tentu akan sangat merugikan masyarakat bila berkaca dari sejumlah musibah kemarin,” tegas Maringka diwawancarai media ini Jumat (29/01/2021).

Maringka pun mengaku akan melakukan investigasi sebagai bentuk pengawasan di Komisi I DPRD Kota Manado. “Sebagai mitra kerja, kami tentu akan lakukan uji petik dilapangan,” tuturnya.

Terpisah, Kepala Dinas PTSP Manado Charles Rotinsulu menjelaskan bahwa bangunan itu merupakan hak dari Balai Sungai berdasarkan keluarnya rekomendasi dari balai atau Dinas PUPR.

“Menurut kabid bangunan, itu memang proyek balai sungai, dan memang itu hak mereka pak. Pembangunan talud sungai bagian tugas pokok balai sungai,” ucap Rotinsulu via WhatsApp.

Ketika ditanyakan soal ijin bangunan talud. Rotinsulu dengan gamblang menekankan. “Setahu kita kalu talut sungai belum pernah pake ijin bangunan sama kayak saluran,” pungkasnya.

***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here