Tekad Gibran – Teguh setelah Dilantik: Turun Lapangan, Langsung Kerja

  • Whatsapp
Walikota Surakarta Gibran Rakabuming Raka (kanan) dan wakilnya Teguh Prakosa. Foto: Istimewa

Solo, KOMENTAR.ID

Walikota Surakarta Gibran Rakabuming Raka menegaskan, dia dan wakilnya Teguh Prakoso langsung bekerja setelah dilantik. Fokus utama pasangan yang diusung PDIP ini adalah mengawal kesehatan masyarakat dalam penanganan pandemi Covid-19 di Kota Solo.

“Bekerja tidak harus dimulai Senin, tetapi seusai dilantik, Jumat (26/2), lihat saja saya dengan pak Teguh (Wakil Wali Kota) akan memulai ke lapangan langsung bekerja,” kata Gibran sebelum acara pelantikan, tepatnya di sela-sela acara gladi bersih di Graha Paripurna DPRD Kota Surakarta, Kamis (25/2/2021).

Putra sulung Presiden Jokowi ini menjelaskan, dirinya bersama wakilnya, Teguh Prakosa, bukan orang kantoran yang harus masuk sesuai jam kerja.

Gibran akan langsung blusukan begitu pelantikan selesai dilakukan. “Kami bukan orang kantoran. Kami orang lapangan. Saya dan Pak Teguh prioritas seperti apa nanti saya sampaikan. Mana yang harus dikunjungi dahulu, dan mana yang perlu diselesaikan dahulu,” katanya.

Teguh Prakosa mengatakan, bersama Gibran ia akan berkoordinasi untuk membagian tugas dalam melayani masyarakat. Namun, pihaknya pertama akan fokus mengawal kesehatan masyarakat karena vaksin sudah mulai berjalan untuk mengendalikan Covid-19 di Solo.

“Kami akan mengawal kegiatan vaksinasi kepada masyarakat. Vaksin yang diterima jumlahnya masih kurang dibanding sasaran kelompok-kelompok masyarakat yang akan menerima sesuai dengan urutannya,” katanya.

Selain itu, dirinya akan mendampingi wali kota nanti juga akan fokus peningkatan percepatan ekonomi terutama terhadap UMKM, yang dampaknya sangat dirasakan akibat pandemi Covid-19 ini.

Gibran dan Teguh seusai pelantikan dijadwalkan akan langsung meninjau kegiatan vaksinasi Covid-19 untuk para pedagang di Pasar Gede Solo, dan Pasar Klewer Solo.

Pasangan Gibran Rakabuming Raka-Teguh Prakosa dilantik sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surakarta secara virtual oleh Gubernur Jateng, bersama 16 kepala daerah lainnya di Jawa Tengah, Jumat (26/2/2021).

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surakarta sebelumnya telah menetapkan pasangan Gibran-Teguh sebagai pemenang Pilwakot Surakarta 2020. Gibran-Teguh akan menggantikan pejabat lama, FX Hadi Rudyatmo dan Achmad Purnomo, yang sudah purna tugas, pada tanggal 17 Februari 2021.

Pilkada Surakarta yang digelar pada tanggal 9 Desember 2020 telah dimenangkan oleh pasangan Gibran-Teguh, yang memperoleh kemenangan hingga 86,5 persen. Sedangkan rivalnya, pasangan independen, Bagyo Wahyono-FX Supardjo hanya mendapat suara 13,5 persen dari suara sah dalam pemilihan. (*)

 

Related posts