Kisah Alul: Dari Wartawan Pemalu Hingga Dilantik Jadi Bupati Boltim

  • Whatsapp
Kiri: Sam Sahrul Mamonto atau Alul semasa menjadi wartawan Posko. Kanan: Alul usai dilantik jadi Bupati Boltim. Foto: Kolase KOMENTAR.ID

Manado, KOMENTAR.ID

Banyak yang tidak menyangka bahwa Sam Sahrul Mamonto atau Alul, akan menjadi Bupati Bolmong Timur periode 2021-2024. Perjuangan menyingkirkan anak Bupati Boltim yakni Amalia Landjar (PAN) dan mantan bosnya di Manado Post Grup Suhendro Boroma (PDIP) tidak mudah. Perjuangan Alul dan pasangan wakilnya Oscar Manoppo yang diusung Partai NasDen sempat memuncak di ruangan Mahkamah Konstitusi (MK). Lantas seperti apa sosok Alul?

Masih tersimpan dalam ingatan beberapa mantan pimpinan Harian Posko, mengenai karakter Alul di masa lalu. Staf Khusus Gubernur Sulawesi Utara Bidang Pariwisata Dino Gobel menulis di akun Facebook-nya, Alul semasa wartawan adalan sosok pemalu untuk urusan mewawancarai narasumber.

20 tahun silam (tahun 2021), Alul berkerja di SKH Posko, masih menjadi bagian dari Manado Post Group / Jawa Pos News Network (JPNN).

“Saya persis ingat. Pertama kali kami rekrut, Alul –nama akrabnya, kerap canggung saat akan ditugaskan mewawancarai salah seorang Bupati di Bolmong. “Adoh, mo tanya apa Kak. Kage tu Bupati user pa kita (aduh mau tanya apa kak. Jangan-jangan saya diusir bupati,” jawab Alul, sebagaimana ditulis Dino Gobel.

Dino meyakini, karir Alul memang sudah diatur.

Bupati – Wakil Bupati Boltim Sam Sahrul Mamonto – Oscar Manoppo. Foto: Istimewa

”Allah sudah menetapkan rejeki dan jodoh seseorang. Pada Jumat 26 Februari 2021 hari ini, sang wartawan ini dilantik sebagai Bupati Kab Bolmong Timur. Yah. Pak Bupati itu adalah Syachrul Mamonto. Sang wartawan yang dulu canggung hadapi pejabat. Selamat bertugas ya Pak Bupati. Tetap rendah hati. Layanilah rakyat dan besarkan Bolmong Timur hebat,” tulis Dino,

Kesaksian yang sama disampaikan mantan Manager Iklan Harian Posko Danuri Setiawan yang menjadi sahabat baik Alul.

“Dulu orangnya ini sangat pemalu dan agak culun dan suka humor. Tidak disangka yang dulu kelihatan pendiam, tapi murah senyum kini telah dilantik sebagai bupati Bolaang Mongondow timur. Dia wartawan yang dulu agak gerogi hadapi pejabat,” kata sahabat karib Alul, Danuri Setiawan.

Alul, setelah meninggalkan pekerjaan wartawan, sempat menjadi Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bolmong Timur. Kemudian, karirnya beranjak ke medan politik. Alul memilih berkontestasi di Pemilihan Legislatif. Lalu terpilih menjadi Ketua DPRD Bolmong Timur.

Pada Pilkada 2020, Alul bertarung, memenangkan kompetisi Pilkada, yang menuntut perang strategi politik, adu program, visi dan misi, bahkan finansial. Bahkan berujung di Mahkamah Konstitusi (MK).

“Dia bukan politisi yang lahir dari rahim kapitalis (pemegang modal). Bukan datang dari sangkar pragmatis. Tapi pemimpin yang bertumbuh bersama rakyat Boltim. Maka Alul pantas menerima mandat rakyat untuk menjadi pemimpin,” ujar Daud Dax Timpal, salah satu jurnalis senior Boltim.

Kombinasi bekal kesabaran yang ia tempa selama menjadi jurnalis, kapabilitas meyakinkan publik yang teruji selama menjadi anggota DPRD Boltim, menurut Daud, itu mengantar Alul di puncak kemenangan.

Momentum kemenangan Alul ini, ditandai dengan pelantikan dirinya sebagai Bupati Bolmong Timur dan wakilnya Oscar Manoppo oleh Gubernur Sulut Olly Dondokambey, Jumat (26/2), di Graha Gubernuran, Manado.

“Selamat bekerja Alul, tetaplah rendah hati melayani rakyat,” pesan para mantan jurnalis Posko Manado. (kim)

 

 

 

 

 

Related posts