Selama Ini Bela Tim Voli Putri, Aprilia Manganang Ternyata Laki-laki

  • Whatsapp
Aprilia Manganang.
Aprilia Manganang. [ISTIMEWA]

Jakarta, KOMENTAR.ID

Mantan pevoli putri Indonesia Aprilia Manganang ternyata adalah seorang laki-laki sejati. Padahal selama ini, ia kerap membela tim voli putri di kancah nasional.

Read More

Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Jenderal TNI Andika Perkasa mengumumkan ke publik soal gender Aprilia sebenarnya adalah pria, Rabu (10/03/2021).

Kabar ini sontak saja langsung membuat geget publik. Sebab, Aprilia selama ini telah dikenal secara luas sebagai seorang perempuan.

Bahkan dia pernah memperkuat Timnas Voli Putri Indonesia dan juga bergabung dengan Korps Wanita TNI Angkatan Darat.

Namun Aprilia dinyatakan mengalami kelainan hipospadia setelah melalui pemeriksaan medis pada 3 Februari 2021 di RSPAD Gatot Subroto.

Kelainan ini merupakan kondisi langka ketika lubang kencing penis ada pada bagian bawah, bukannya di ujung.

Sang kakak yang juga merupakan atlet voli Indonesia, Amasya memberi tanggapan. Dia menyampaikan jalan hidup setiap insan sudah diatur Tuhan.

“Jalan hidup manusia tidak ada yang tahu,” tulis Amasya Manganang di Instagram, @amasyamanganang.

“Tapi, kalau Tuhan sudah berkehendak, apa yang kita anggap mustahil sekalipun, bagi Dia tidak ada yang mustahil,” lanjutnya.

Aprilia sendiri sangat bersyukur sudah mengetahui jenis kelamin dirinya yang sebenarnya. Dia berterima kasih kepada KSAD Jendral TNI Andika Perkasa dan para dokter RSPAD Gatot Subroto.

“Ini momen yang sangat saya tunggu-tunggu, bahagia banget. Puji Tuhan Yesus saya bisa lewati ini,” tutur Aprilia.

“Saya mengucapkan terima kasih ke dokter yang sudah bantu saya. Saya sangat bahagia, selama 28 tahun saya menunggu,” ucapnya sebagaimana dilansir iNews, Rabu (10/03/2021).

Kini Aprilia sudah menjalani corrective surgery untuk menangani kelainannya di RSPAD Gatot Subroto. Rencanannya, ada satu corrective surgery lagi yang akan dijalaninya.

Selain itu Aprilia juga akan mengubah nama dan statusnya dalam segala hal terkait administrasi kependudukan melalui jalur hukum.

TNI telah menyiapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan untuk membantu proses tersebut.

[kid/*]

Related posts