Lanal Melonguane Musnahkan 2000 Liter Miras Jenis Cap Tikus

Home » Lanal Melonguane Musnahkan 2000 Liter Miras Jenis Cap Tikus

Talaud, KOMENTAR.ID

Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Melonguane Kabupaten Talaud, memusnakan minuman keras (miras) jenis Cap Tikus.

Sedikitnya 2000 liter Cap Tikus dimusnahkan di Lapangan Tembak Mako pada Selasa (19/10/2021).

“Ini adalah barang bukti yang disita. Kurang lebih jumlahnya 2000 liter miras Cap Tikus,” ujar Komandan Lanal Melonguane Letkol Marinir Adi Sucipto yang memimpin pemusnahan tersebut.

Pemusnahan ini dilakukan dalam rangka mencegah atau mengurangi dampak negatif dari minuman keras jenis Cap Tikus, yang seringkali menjadi pemicu berbagai tindak kejahatan kriminal di lingkungan masyarakat.

Lanal Melonguane memang kerap melaksanakan pemeriksaan kapal-kapal yang berlayar menuju Talaud. Saat melakukan pemeriksaan barang muatan kapal tujuan tiga pelabuhan utama di Talaud yakni Pelabuhan Melonguane, Pelabuhan Beo dan Pelabuhan Lirung, Tim SFQR Lanal Melonguane seringkali menemukan miras ilegal Cap Tikus yang dikemas dalam berbagai kemasan guna mengelabui aparat.

“Wilayah kita ini adalah wilayah perbatasan yang memiliki potensi ancaman dan kerawanan baik dari dalam maupun dari luar, yang bisa saja dilakukan melalui cara-cara asimetrik atau proxy. Apabila kesadaran masyarakat terganggu oleh miras, maka tidak akan dapat berfikir dengan jernih dan akan dapat dengan mudah dimanfaatkan oleh pihak-pihak tertentu” ujar Danlanal Adi Sucipto.

Pamen dengan Letkol Marinir yang sebentar lagi akan menanggalkan jabatannya sebagai Danlanal Melonguane, selanjutnya mengimbau kepada masyarakat untuk bersatu, bekerja sama, saling bahu-membahu untuk berjuang membangun wilayah perbatasan di beranda NKRI.

“Saya yakin seyakin-yakinnya bahwa seluruh masyarakat Talaud menginginkan kemajuan, terjaminnya keamanan, kesehatan dan kesejahteraan. Itu semua tidak bisa kita serahkan kepada pemerintah atau aparatur pemerintah, mari kita bersama-sama berjuang dan bersinergi untuk mewujudkan semua itu,” tukasnya.

[kid/ndo/*]


Leave a Reply

Your email address will not be published.