Cari Solusi Persoalan Banjir, Walikota Manado Turlap di Tengah Hujan Deras

  • Whatsapp
Walikota turun memantau kondisi Kota Manado saat hujan sore tadi. [ISTIMEWA]

Manado, KOMENTAR.ID

Komitmen Walikota Manado Andrei Amgouw untuk mengatasi masalah banjir di Kota Manado, patut diancungi jempol.

Read More

Demi mencari solusi masalah banjir di Ibukota Sulawesi Utara ini, AA turun lapangan (turlap) dibeberapa tempat dan lokasi jalan yang tergenang air, Jumat (16/07/2021) sore tadi.

Meskipun cuaca dengan curah hujan intesitas tinggi sehingga ruas jalan Kota Manado tergenang air, tak menyurutkan niat Walikota AA untuk melihat langsung pergerakan air yang meluap ke jalan.

Walikota ingin mencari penyebab mengapa air meluap ke jalan termasuk sumbernya dari mana dan faktor-faktor penyebab lainnya.

Dengan menggunakan payung berwarna merah didamping Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Manado Jhon Suwuh, Walikota Andrei Angouw berjalan kaki dari Kantor Walikota menuju SPBU Tikala dan selanjutnya mengitari Kelurahan Tikala Kumaraka.

Dari hasil kunjungan lapangan ini, sangat jelas bahwa sebagian besar saluran air terutama parit dan drainase tidak mampu lagi menampung debet air yang cukup besar. Selain parit dan anak sungai mengecil, juga disebabkan drainase dan parit-parit dipenuhi banyak sampah.

“Keadaan inilah yang membuat air didalam parit dan drainase yang tersumbat bukan lagi melalui drainase dan parit tersebut tetapi meluap ke jalan di lorong-lorong dan menggenangi beberapa ruas jalan protokol,” ujar Walikota Andrei Angouw.

“Semua hasil di lapangan ini tentunya menjadi bagian kajian dan analisa dalam rangka pembuatan program penanggulangan banjir kedepan,” tukasnya.

[frk/kid]

Related posts