Pernyataan Presiden Terpilih Prabowo Subianto ke TW Ishak Tambani Terkait Cagub Sulut April Lalu Terbukti

0
111
Tonaas Wangko, Ishak Tambani, menyambut sekaligus memberi penghormatan kepada calon gubernur Sulut dari partai Gerindra, Yulius S Komaling, di Bandara Sam Ratulangi.
Sulut, KOMENTAR.ID
Keputusan Partai Gerindra memberi mandat kepada Yulius Selvanus Komaling (YSK) untuk bertarung di pemilihan gubernur Sulawesi Utara (Sulut) cukup mengejutkan banyak pihak. Pasalnya, meski memiliki darah Minahasa namun YSK oleh sejumlah kalangan dianggap sebagai orang baru.
Namun demikian, keputusan Ketua Umum Gerindra, Prabowo Subianto, memberikan SK kepada YSK ternyata sudah “bocor” sejak April lalu.
Adalah Ketua Gabungan LSM dan Ormas Adat Minahasa, Tonaas Wangko Ishak Tambani, menjadi satu-satunya sosok yang mendapat bocoran tersebut. Ishak sendiri ketika dikonfirmasi media ini, Rabu (10/7/2024), tidak menampik hal itu.
“Kemarin kan saya pernah ungkapkan ke teman-teman (wartawan) jika Tonaas Wangko (Prabowo Subianto) sudah mengantongi nama yang akan diusung Gerindra di Pilgub Sulut, dan hari ini telah terbukti,” kata Ishak di sela-sela penyambutan kedatangan YSK dan rombongan di Bandara Sam Ratulangi.
Dikatakannya lagi, informasi soal dipersiapkannya YSK untuk membangun Sulut disampaikan langsung Ketua Umum Gerindra yang juga adalah presiden terpilih periode 2024-2029 dalam pertemuannya di rumah Kartanegara, bulan April lalu.
“Jadi, saya pikir ini bukanlah sesuatu (informasi) yang baru atau mengejutkan, karena jauh-jauh hari telah disampaikan kepada saya,” tuturnya.
Di satu sisi, ia menilai bahwa ditetapnya YSK untuk menjadi calon pemimpin Sulut ke depan, merupakan pilihan terbaik mengingat purnawirawan TNI yang memiliki darah Kakas, Minahasa ini, punya hubungan emosional yang kuat dengan RI 1 terpilih.
Hal itu tentu akan jadi sangat menguntungkan bagi masyarakat Nyiur Melambai ke depan.
“Jika semua berjalan sebagaimana yang diharapkan maka otomatis ini akan jadi opsi terbaik untuk membangun Sulut menjadi lebih baik lagi ke depan karena dengan terpilihnya YSK nanti, Sulut akan terhubung langsung dengan pusat,” ujarnya.
“Dengan demikian, semakin lebih mudah melobi bantuan atau anggaran pusat untuk dibawa ke Sulut,” kuncinya.
Sekadar diketahui, sebagai bukti dekatnya hubungan antara Prabowo dengan YSK, politisi berlatar belakang TNI yang juga adalah Asisten Khusus Menteri Pertahanan  ini menerima dua mandat sekaligus yakni sebagai Calon Gubernur dan Ketua Gerindra Sulut.
[ein/kid]