Pemkab Minut Siapkan Rp1,5 Miliar Untuk Pemilihan Hukum Tua Tahun Ini

0
Suasana pelantikan hukum tua beberapa waktu lalu.

Minut, KOMENTAR.ID

Anggaran senilai kurang lebih Rp1,5 miliar telah disiapkan Pemkab Minahasa Utara (Minut) di APBD 2023 untuk perhelatan pemilihan Hukum Tua (Kumtua). Menurut Kepala Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dinsos-PMD) Kabupaten Minut, Arnolus D Wolayan, anggaran tersebut nantinya akan dipakai di 58 desa yang saat ini masih dipimpin oleh penjabat Kumtua.

“Kita sudah anggarkan, dan kini tinggal menunggu petunjuk kapan kegiatan ini dilaksanakan,” kata Wolayan.

Dia menambahkan, khusus untuk perhelatan ajang 6 tahunan kali ini pihaknya tidak bisa mengambil keputusan sepihak perihal kapan waktu pelaksanaan lantaran tahun ini ada agenda nasional yang juga akan mulai bergulir dalam waktu dekat.

“Sebagaimana telah diagendakan bahwa pada tanggal 14 Februari 2024 mendatang akan dilaksanakan Pilcaleg serentak, maka otomatis tahapannya akan dimulai dari tahun ini. Nah, hal ini pula yang jadi pertimbangan bagi kami (Dinsos-PMD) meminta petunjuk terlebih dahulu kepada Kemendagri (Kemendagri) perihal waktu pelaksanaan pemilihan Hukum Tua,” terangnya.

Hasil konsultasi dengan Kemendagri itu, sambung dia, nantinya juga akan menjadi bahan pertimbangan bagi Bupati mengambil kebijakan.

“Intinya, secara anggaran kita sudah siap, kini tinggal tunggu petunjuk,” simpulnya.

Sebelumnya, Ketua DPRD Minut, Denny K Lolong SSos, juga membenarkan jika anggaran Pilkades di tahun ini sudah dialokasikan.

“Ada kurang lebih satu miliar setengah kita siapkan. Semoga dana tersebut bisa digunakan untuk menghadirkan ujung tombak yang berkualitas sehingga mampu menopang program pembangunan Minut hebat,” ujar Lolong.

[***/ein]