Pembebasan Lahan Dicurigai Belum Beres, Pembangunan Ring Road 3 Lambat

0

Manado, KOMENTAR.ID

Pembangunan Jalan Ring Road 3 atau Manado Outer Ringroad (MORR III) yang menghubungkan Wilayah Kalasey dan Winangun Manado dinilai lambat.

Salah satu kendala yang memicu lambannya pembangunan adalah pembebasan lahan yang hingga kini tak kunjung selesai dibayarkan oleh Pemprov Sulut.

“Setahu saya awalnya pembebasan lahan Ring Road 3 ini dari tahun 2017 lalu, dan pembangunan fisik tahun 2020 tapi sayangnya sampai tahun 2023 ini pembebasan lahan belum juga selesai 100 persen,” kata Jackson, Warga Malalayang diwawancarai di Kawasan MBW Malalayang, akhir pekan lalu.

Sepengetahuannya, untuk tahap pertama pembangunan jalan tersebut baru terealisasi kurang lebih 1,5 kilometer dengan anggaran Rp46 miliar dan tahap dua tahun 2022 sepanjang 1,5 km menghabiskan anggaran Rp 42 miliar dari 11 km yang direncanakan.

Sementara perencanaan pembangunan untuk tahap ketiga tahun 2023 direncanakan akan dibangun 1,9 km dan akan menelan anggaran Rp 37 M.

“Sekarang baru dibangun tahap pertama dan kedua masing-masing 1,5 km dengan total anggaran Rp 88 miliar, tapi yang terjadi sekarang pembebasan lahan saja belum selesai dilakukan gantikan rugi oleh pemerintah,” jelasnya.

Dia juga menyayangkan pembangunan Ring Road 3 sepanjang 11 kilometer dengan total anggaran Rp 150 miliar ini ditargetkan baru akan selesai tahun 2026 mendatang.

“Ini sangat memakan waktu yang cukup lama, seharusnya pembebasan lahan diselesaikan dulu baru dilakukan pembangunan sehingga tidak ada kendala dalam proses pembangunan,” kata dia.

Menurut dia, hal yang mustahil pembangunan jalan hanya sepanjang 11 km tapi harus memakan waktu 7 tahun.

“Waktu zaman Gubernur Almarhum Sinyo Harry Sarundajang, Ring Road 1 yang begitu panjang dibangun hanya dengan waktu satu periode, begitu juga dengan Ring Road 2, dibangun selesai dalam masa kepemimpinannya dua periode,” jelasnya kembali.

Warga berharap pembangunan Ring Road 3 ini segera selesai sebelum masa kepemimpinan Gubernur Olly Dondokambey dan Steven Kandouw berakhir.

“Kita harapkan agar OD-SK bisa menuntaskan pembangunan jalan ini sebelum akhir masa kepemimpinan. Ini yang dinantikan warga, hal baik kita harus tetap kita dukung agar warga tidak lagi terjebak kemacetan,” harapnya.

[kid/kid/*]