Parapaga Perjuangkan PLKB di Talaud

0
267
Wabup Moktar Parapaga dan Kadis PPKB Martji Leong. (KOLEASE FOTO KOMENTAR.ID)

Melonguane, KOMENTAR.ID


Wakil Bupati Talaud Moktar Arunde Parapaga melakukan rapat kerja bersama Dinas Pengandalian Penduduk dan Keluarga Bencana setempat, Jumat (05/02/21).


Rapat dilakukan dalam rangka membahas kegiatan Petugas Lapangan Keluarga Berencana (PLKB) dan Petugas Keluarga Berencana di Kabupaten Talaud.


“Jadi kita di Talaud ada 22 orang petugas PKB dan PLKB. Mereka ini ternyata dengan regulasi yang baru telah dikembalikan ke pusat lagi. Tadinya di kembalikan ke daerah dan sekarang kembali ke pusat. Tapi pertanggung jawaban ke pemerintah daerah sehingga daerah kita tidak dapat melepas mereka,” ujar Parapaga.


Dengan begitu menurutnya, pengawasan pengendalian segala kebutuhan PLKB sudah menjadi tangung jawab daerah. 


“Ini ternyata tugas baru mereka lebih luas. Itu semua badan dinas yang menjadi tanggung jawab mereka di lapangan. Baik tentang lingkungan hidup, kesahatan, kesejahtraan dan sebagainya,” tambah Moktar.


Untuk itu Paparaga meminta PLKB harus disupport. Salah satunya dengan memberikan data yang lengkap.


“Mereka ini juga tiap bulan harus memberikan data. Data real yang ada di lapangan baik kondisi kesehatan, kesejahteraan, pertanian dan sebagainya,” tukas Moktar sembari mengatakan akan berupaya agar PLKB di Talaud mendapat perhatian dari BKKN pusat. 


Sementara, Kepala Dinas Pengandalian Penduduk dan Keluarga Berencana Martji Leong menjelaskan pihaknya berperan aktif dalam menunjang program ini.


“Petugas di lapangan tersebar di kecamatan-kecamatan yang ada di Talaud. Setiap kecamatan mempunyai  satu petugas tetapi ada juga yang  dua petugas di kecamatan tertentu,” ujarnya.


***


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here