MUSRENBANG: Kecamatan Malalayang Fokus Penanganan Bencana dan Sektor Pendidikan

0
292
Pelaksanaan Musrenbang Tingkat Kecamatan Malalayang. (FOTO: ISTIMEWA)

Manado, KOMENTAR.ID


Kecamatan Malalayang menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Tinkat Kecamatan, di Halaman Kantor Kecamatan Malalayang, Kamis (18/02/21).


Diawali dengan pemukulan tentekoren oleh Camat Malalayang Yusuf Kopitoy, Musrenbang Malalayang difokuskan pada penanganan bencana dan pendidikan.


Menurut Kopitoy, usulan program dari masing-masing kelurahan lebih terfokus pada pembangunan infrastruktur untuk penanganan bencana serta pendidikan. 


“Tujuh Kelurahan memprogram pembangunan talud penahan longsor, normalisasi drainase, normalisasi anak sungai, relokasi kantor lurah dan Kelurahan Kleak memprogram pembangunan sekolah menengah pertama,” ujar Kopitoy.


Menurut Kopitoy, hal ini sangat baik karena sistim perencanaan pembangunan di Kecamatan Malalayang dimulai dari usulan warga  berdasarkan hasil rembung warga di masing-masing kelurahan di Kecamatan Malalayang. 


“Masyarakat telah menyiapkan langkah antisipatif untuk penanganan bencana serta kemajuan pendidikan. Bencana yang teriadi di Malalayang diakibatkan sistim drainase yang tidak berfungsi dengan baik serta terjadi bottle neck di beberapa anak sungai di Kecamatan Malalayang serta dibidang pendidikan dengam sistim zonasi akan memudahkan anak-anak di Malalayang menikmati sekolah negeri yang representatif,” tutur Kopitoy.


Ditambahkan, Pemerintah Kecamatan Malalayang telah menetapkan lima orang tokoh masyarakat untuk mewakili Kecamatan Malalayang di Musrenbang Tingkat Kota Manado. 


“Kami berharap semua program prioritas ini boleh terealisasi dalam rencana pembangunan di tahun 2022 Kota Manado,” tukasnya.


Musrenbang kali ini dilaksanakan sedikit berbeda dengan menggunakan penerima tamu berpakaian adat khas Suku Bantik yang merupakan penduduk pertama yang mendiami wilayah Malalayang. 


Kegiatan ini dihadiri tokoh agama, tokoh masyarakat perwakilan setiap kelurahan, Kapolsek Malalayang, Danramil Malalayang, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Dinas PUPR, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Kesehatan, Dinas Perkim, Bapelitbangda Kota Manado.



(kid/frk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here