Minus Manado, PDIP Kans Menang di 6 Kabupaten/Kota Ini

0
377

Pasangan Calon Bupati – Wakil Bupati Bolmong Timur Drs H Suhendro Boroma – Rusdy Gumalangit. Foto: Istimewa

Manado, KOMENTAR.ID 
PDIP diperkirakan menyegel kemenangan di enam kabupaten/kota se-Sulawesi Utara. Kecuali Manado, PDIP kans menang di Pilkada Bolmong Timur, Minahasa Selatan, Kota Tomohon, Minahasa Utara, Bolmong Selatan dan Kota Bitung.  Berikut analisis pengamat politik dan pemerintahan Fredy B Sumual SIP mengenai Pilkada di enam kabupaten/kota; 
1. Pilkada Minsel
Pasangan calon Frangky D Wongkar – Petra Yani Rembang (FDW-PYR) sudah mulai memecahkan konsentrasi birokrat ada aparat dari Pala sampai kepala dinas yang selama ini melekat ke pasangan MEP-VT. Setelah Pjs Bupati Minsel Mecky Onibala memegang kendali pemerintahan, birokrat makin terurai dan berbagi pilihan ke FDW-PYR. Ada banyak birokrat yang mulai main aman dan mendukung FDW. 

Pasangan Frangky D Wongkar – Petra Yani Rembang (FDW-PYR). Foto: Istimewa

Paslon PDIP ini berpeluang menang jika memaksimalkan dukungan Minsela (Tompaso Baru, Modoinding sampai Ranoyapo serta jaringan pemuda lintas agama). 
2. Pilkada Tomohon
Jurang persaingan persaingan antara Carrol-Wenny (PDIP) dan Jilly-Virgie (Golkar) terlalu lebar. Basis akar rumput Carrol-Wenny mulai panas dan bergerak secara sistematis. Apalagi kemunculan figur Syerly Adelyn Sompotan (SAS) yang membawa puluhan ribu simpatisan dari 34 komunitas binaannya. Sementara, Jilly-Virgie memanfaatkan jaringan birokrasi karena faktor petahana dan sebagian kecil GMIM. 

Pasangan Caroll Senduk-Wenny Lumentut. Foto: Istimewa

Dukungan GMIM Tomohon kepada Carrol-Wenny lebih besar. Di atas 50%. Katolik juga lebih besar mendukung Carrol-Wenny karena faktor Wenny. 
Paslon Jilly-Virgie gagal memanfaatkan peluang dukungan Katolik karena sebelumnya beberapa elit Katolik tidak puas dengan beberapa kebijakan petahana soal ‘klaim sejarah’ GMIM dan Katolik. Ini terasa sampai akar rumput. 
3. Pilkada Minahasa Utara
Peluang menang Joune Ganda – Kevin Lotulong. Putri VAP memang memanfaatkan jaringan birokrasi. Tapi banyak birokrat masih ragu dengan kemampuan memimpin anak  Vonnie Aneke Panambunan (VAP) yang memang masih ingusan. Sompie Singal kuda hitam tapi munculnya Sompie hanya untuk memecah suara kalangan birokrat sehingga tidak semua memilih anak VAP. Yang untung dari majunya Sompie Singal ya Paslon PDIP. 

Pasangan Joune Ganda – Kevil Lotulong. Foto: Istimewa

Joune Ganda juga diuntungkan dengan dukungan GMIM di atas 60% dan sekitar 30% Katolik Minut.

4. Pilkada Kota Bitung
Persaingan ketat antara Paslon Walikota Petahana dan Wakil Walikota Petahana. Peluang besar menang adalah Paslon PDIP Maurits Mantiri – Hengky Honandar (MM-HH) walaupun sangat tipis. Bakal sampai urusan di MK. Nasdem dan PDIP kemungkinan besar akan fight di MK nanti soal Pilkada Bitung. 

Pasangan Maurits Mantiri – Hengky Honandar. Foto: Istimewa

Paslon PDIP diuntungkan dukungan mayoritas GMIM dan mayoritas Katolik. Muslim Bitung sulit ditebak, tergantung pendekatan paslon. 
5. Pilkada Bolmong Timur
Sosok Calon Bupati Drs H Suhendro Boroma MSi sangat unggul dan berpengaruh. Dirinya berpeluang besar menang. Dia figur baru, profesional, populer dan kuat jaringan media dan dana, apalagi diusung PDIP. 

Pasangan Calon Bupati – Wakil Bupati Bolmong Timur Drs H Suhendro Boroma – Rusdy Gumalangit. Foto: Istimewa

Sementara pendamping Suhendro adalah Rusdy Gumalangit yang adalah representasi birokrat. Pasangan ini dianggap paripurna dan menjadi pasangan kepala daerah yang paripurna dan siap membangun Boltim. 

6. Pilkada Bolmong Selatan
Norman Kamaru kans sekali lagi memenangkan pertarungan. Jaringan birokrasi masih di bawah kendalinya. Tokoh-tokoh muslim Bolsel juga masih mendukung Kamaru karena beberapa kebijakan Kamaru yang menguntungkan termasuk di bidang pendidikan. 

Pasangan Iskandar Kamaru – Deddy Abdul Hamid. Foto: Istimewa

Ada hibah tanah untuk masjid dan sekolah serta banyak kebijakan yang baik lainnya. Sehingga Kamaru dan pasangannya Deddy Abdul Hamid jauh lebih muda memenangkan Pilkada Bolsel. 

7. Pilkada Kota Manado
Pasangan Demokrat dan PAN, PKB yakni MOR-HJP bersaing ketat dengan JPAR-Ai. Kedua paslon memanfaatkan suara GMIM dan jaringan birokrasi Kota Manado. 
Pasangan Mor Dominus Bastiaan – Hanny Jost Pajouw. Foto: Istimewa
MOR-HJP memiliki basis muslim yang kuat di wilayah Manado utara. Lalu JPAR-Ai memiliki jaringan birokrasi dari Pala sampai kepala dinas. 

Pasangan Julyetha Paulina Amelia Runtuwene – HB Alfredo Mangindaan. Foto: Istimewa

JPAR-Ai juga diuntungkan dengan kebijakan populis Walikota Manado GS Vicky Lumentut yang merupakan suami JPAR. 
Pasangan PDIP AA-RS bisa jadi kuda hitam. Ada celah besar AA-RS bisa menang kalau mampu bayar honor THL selama tiga bulan. Ada sekitar 5000 anggota THL di Kota Manado yang belum terima honor mereka. 
5000 THL bisa menghasilkan 10-20 ribu suara. Itu besar untuk ukuran Kota Manado. Yang pasti Pilwako Manado seru! (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here