Mabare Rukun Ana U Wanua, Pj. Bupati Sangihe Dan Ketua Deprov Jemput di Gerbang Gelora Santiago

0

Tahuna, KOMENTAR.ID

Mabare adalah berbaris bersama sambil menari mengelilingi kampung merupakan budaya masyarakat Kabupaten Kepulauan Talaud yang dilakukan setiap tahun baru sekaligus sebagai ungkapan syukur atas penyertaan Tuhan.

Dan Budaya Mebare ini ternyata tidak pernah terlupakan bagi masyarakat Talaud yang telah menetap dan berdomisili di Kabupaten Kepulauan Sangihe.

Pj Bupati Rinny Tamuntuan, Ketua Deprov Andy Silangen (Tengah) dan Ketua Rukun Ana U Wanua  Ernist Unas bersama isteri dalam acara Mabare

Buktinya, memasuki hari ketiga tahun baru, Selasa (03/01/2023), warga Talaud yang terhimpun dalam Rukun Ana U Wanua di Kabupaten Kepulauan Sangihe menggelar Mabare dengan mengelilingi Kota Tahuna, Ibukota Kabupaten Kepulauan Sangihe.

Mabare Rukun Anau Wanua kali ini yang langsung dipimpin Ketua Rukun Ernist H. Unas Spi,MSi, mampu menarik perhatian warga Sangihe, terutama warga dibeberapa kelurahan yang dilalui iring-iringan Mabare sambil diiring musik dan aba-aba dari pemimpin barisan.

Yang menarik, barisan Mabare Rukun Ana U Wanua yang mengambil star dari kawasan Boulevard Tahuna Marina Coffe House, sebelum memasuki finis di Rumah Jabatan (Rujab) Bupati Sangihe, langsung dijemput di gerbang lapangan Gelora Santiago (Halaman rujab) oleh Penjabat (Pj) Bupati Sangihe Rinny Tamuntuan bersama Ketua DPRD Provinsi (Deprov) Sulut Franiscus Andy Silangen dan unsur Forkopimda serta sejumlah pejabat eselon II Pemkab Sangihe.

Tidak hanya menjemput, Pj. Bupati bersama Ketua Deprov juga ikut membaur dengan barisan Mabare dari gerbang lapangan hingga menuju rujab, bahkan ketika barisan tiba di depan rujab, suasana langsung berubah meriah, sebab warga Sangihe yang kebetulan menjadi tamu Pj. Bupati juga ikut bergabung di barisan sambil menari membentuk lingkaran.

Ketua Rukun Ana U Wanua Ernist H. Unas disela-disela acara mengatakan, dilaksanakannya Mabare atas usulan anggota rukun yang merindukan kampung halaman serta sebagai tanda ungkapan syukur atas penyertaan Tuhan ditahun sebelumnya hingga di tahun yang baru.

“Lewat Mabare ini anggota Rukun Ana U Wanua juga tetap konsisten melestarikan budaya Talaud sambil kita berkumpul bersama menjalin silahturahmi dan rasa kekeluargaan sesama anggota rukun,”ujar Ernist.

Sementara itu Pj. Bupati Sangihe Rinny Tamuntuan ditemui terpisah, memberikan apresiasi yang tinggi kepada Rukun Ana U Wanua yang tetap konsisten melaksanakan Mabare. Rinny juga sekaligus menyampaikan terima kasih atas kunjungan rukun di momen tahun baru pertamanya sebagai Bupati Sangihe.

“Terima kasih atas kunjungan warga Talaud Rukun Ana U Wanua yang juga sudah memeriahkan suasana tahun baru di Sangihe dengan menggelar acara budaya Mabare,”ungkap Rinny.