Lalai Tegakkan Protokol Kesehatan, Bupati Mitra Copot Asisten I, Camat dan Lurah

0
255
Bupati Mitra James Sumendap. (ISTIMEWA/KOMENTAR.ID)

Ratahan, KOMENTAR.ID


Tindakan tegas dilakukan Bupati Mitra James Sumendap kepada tiga pejabatnya yang dinilai lalai dalam menegakkan protokol kesehatan.


Ketiga pejabat dimaksud yakni, Asisten I Jani Rolos yang juga Ketua Satgas Covid-19, Camat Ratahan Novry Raco, dan Lurah Wawali Maxi Komalig. Ketiganya dicopot dari jabatannya masing-masing.


Bupati saat diwawancara mengatakan, pencopotan ketiga pejabat itu karena kelalaian mereka akibat membiarkan warga melaksanakan acara pernikahan.


“Kenapa hanya dibiarkan, tidak diberikan pemahaman kepada pembuat acara,” tegas Sumendap, Senin (18/01/21).


Dia menuturkan, di tanah Minahasa adalah hal yang wajar jika warga merayakan atau melaksanakan acara pernikahan, karena itu adalah acara sakral.


“Kalo kita yang beking tu acara kong dorang kase bubar, pasti kita marah kong kita dusu deng peda itu orang karena yang beking acara nda salah. Yang salah adalah pemerintah setempat yang membiarkan tanpa memberikan pehaman terkait protokol kesehatan,” tegasnya.


Maka dari itu, lanjut Sumendap, dirinya harus dengan tegas memberikan sanksi pencopotan kepada pejabat tersebut.


“Sekali lagi saya tegaskan, yang membuat acara itu tidak salah, yang salah yaitu pemerintah yang membiarkan dan tidak memberikan pemahaman,” jelasnya.


Bupati meminta kepada seluruh warga Mitra agar bisa menjadi corong dalam hal penegakkan protokol kesehatan.


“Saya meminta warga bisa menjadi corong dan bisa membantu pemerintah untuk memberikan pemahaman dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19 dan selalu menerapkan protokol kesehatan,” tandas Bupati Mitra James Sumendap.



(key/kim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here