Ketahanan Pangan Selama Pandemi, Bagaimana Solusinya?

0
239



Manado, KOMENTAR.ID


RATAHAN — Dimasa pandemi Covid-19 yang belum menunjukan penurunan, terancam pada ketahanan pangan masyarakat yang terdampak pembatasan sosial.


Untuk itu perlu adanya solusi agar menjaga ketersediaan pangan yang memadai selama pandemi.

Pemerintah diminta terus berupaya untuk menjaga agar ekonomi dan kebutuhan masyarakat bisa terus bertahan.


Di Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) pada Tahun 2021 ini, pemerintah terus fokus pada penanganan ekonomi, agar warga bisa memenuhi kebutuhan pangan saat pandemi.


Menurut Kepala Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Mitra S Made Alit, DKP merupakan salah satu instansi yang fokus dalam menjaga dan memantau ketersediaan stok pangan di Mitra.


“Kami salah satu dinas yang fokus untuk memantau ketersedian pangan di Mitra. Selama pandemi ini, stok pangan untuk masyarakat tidak berpengatuh secara signifikan. Bahkan data kebutuhan pokok mengalami surplus,” ujar Alit.


Dijelaskannya, hanya kebutuhan cabe dan bawang merah yang sedikit mengalami lonjakan harga dan hal itu tidak mempengaruhi daya beli masyarakat.


“Untuk cabe dan bawang merah ada kenaikan harga, namun dalam pantauan kami belum berpengaruh pada daya beli warga,” terang Alit.


Pemanfaatan lahan kosong, menurut Alit bisa menjadi salah satu solusi warga untuk memenuhi kebutuhan skala rumah tangga.


“Jadi jika hanya untuk memenuhi kebutuhan keluarga, manfaatkanlah pekarangan dan lahan kosong. Banyak yang bisa kita dapat dengan menanam dipekarangan dan lahan kosong,” tandasnya.


(key)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here