Kejari Diminta Periksa Dasar Penetapan Jumlah Gaji Direksi PD Pasar Manado

0
198

Ketua DPP FORKAPANTIK Pierson Rambing (kiri) saat menemui Kajari Manado Maryono Nano SH. Foto: Hut Kamrin

Manado, KOMENTAR.ID

Krisis di tubuh PD Pasar Kota Manado meninggalkan pertanyaan publik mengenai pengelolaan keuangan dan pendaparan perusahaan. Persoalan upah karyawan yang belum terbayar tiga bulan terakhir mendorong sejumlah pihak untuk meneliti struktur gaji direksi perusahaan plat merah itu. 

Sumber resmi internal PD Pasar Manado membeberkan, besaran gaji per direktur berada di kisaran Rp70.000.000. Jumlah ini belum ditambah tunjangan. Ironisnya kata sumber, struktur gaji direksi selama ini diduga tidak diatur Kuasa Pemegang Saham (KPM), atau user, tapi hanya melalui peraturan direksi itu sendiri. 

“Ini kan tidak rasional. Jadi perlu ada yang memeriksa apakah ada payung hukum (bukan peraturan direksi),” ujar sumber, kepada KOMENTAR.ID, Kamis (21/1), di Manado. 

Ketua DPP FORKAPANTIK Pierson Rambing mengatakan, masalah kegaduhan di internal PD Pasar mengindikasikan ada yang tidak beres. Mengenai tengara penataan struktur gaji direksi kata dia, secara normatif harus ada peraturan yang diterbitkan oleh user atau KPM. 

“Ya minimal peraturan walikota. Karena dia sebagai user. Tidak boleh direksi perusahaan publik itu menentukan sendiri struktur gajinya. Kalau sampai ini terjadi, Kejari Manado berhak untuk memeriksa apakah ada payung hukumnya,” jelas Pierson. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here