Jabes Asuransikan 1278 Pekerja Formal Dan 438 Pekerja Informal

0
205

 

Ketua TP PKK Sangihe Hermin Ririswati Gaghana-Katamsi turut menyerahkan kartu BPJS Ketengakerjaan secara simbolis (Foto Komentar.ID)


Tahuna,KOMENTAR.ID


Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe Provinsi Sulawesi Utara kembali memberikan asuransi kepada 1278 pekerja formal dan 438 pekerja informal

 

Penyerahan kartu asuransi yang dikemas lewat kartu Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan, dilakukan langsung Bupati Jabes Ezar Gaghana, Jumat (05/12/20) di kompleks pasar Petta Kecamatan Tabukan Utara.

Pekerja formal dan informal yang mendapat kartu BPJS Ketenagakerjaan, masing-masing,  pengemudi bentor, petani muda, nelayan, sopir serta pekerja insan Pers.

Kepala BPJS Propinsi Sulawesi Utara, Adisaafah ketika membawakan sambutan, mengakui peran Bupati Jabes Gaghana sangat signifikan dalam mengupayakan terakomodirnya tenaga kerja di Sangihe dalam BPJS Ketenagakerjaan. 

“Kami dari pihak BPJS Ketenagakerjaan menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe, lebih khusus Bapak Jabes Gaghana yang begitu proaktif mengasuransikan tenaga kerja di Sangihe lewat BPJS Ketenagakerjaan,”ungkap Adisaafah.

Menurut dia, meskipun BPJS Ketenagakeejaan merupakan program pemerintah pusat, namun jika tidak didukung, program tetaplah program dan manfaat program tidak dirasakan langsung masyarakat.

“Untuk itu terima kasih juga kami sampaikan kepada Kadis Tenaga Kerja Daerah Kabupaten Kepulauan Sangihe, Pak Dokta Pangandaheng atas support dan dukungannya, sehingga kedepan kami siap menerima masukan dan arahan agar jaminan sosial ketenagakerjaan di Kabupaten Kepulauan Sangihe bisa berjalan baik,”ucapnya.

Sementara itu Bupati Jabes Ezar Gaghana dalam sambutannya, menyentil adanya beban-beban  pengeluaran bagi keluarga yang harus ditanggung selama melaksanakan  pekerjaan, namun jika mengikuti program BPJS Ketenagakerjaan, beban itu langsung beralih menjadi beban BPJS Ketenagakerjaan, yang sekaligus menjamin kehidupan keluarga pekerja.

Jabes juga berharap, pekerja akan lebih termanfaatkan ketika sudah memegang kartu BPJS, apalagi untuk pembiayaan BPJS Ketenagakerjaan 100 % dibiayai oleh APBD Kabupaten Kepulauan Sangihe.

” Saya ingin menyampaikan pembiayaan terhadap BPJS Ketenagakerjaan 100% dibiayai oleh APBD Kabupaten Kepulauan Sangihe,”ujar Jabes.

Ditemui disela-sela kegiatan, Kepala Dinas Tenaga Kerja Daerah Kabupaten Kepulauan Sangihe, Dokta Pangandaheng mengatakan   kartu BPJS yang diserahkan meliputi dua asas manfaat, yaitu jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian.

“Jadi ada jaminan Rp 42 juta bagi pemegang kartu BPJS yang meninggal ketika sedang bekerja dan jaminan pengobatan ketika pekerja sakit ditanggung BPJS Ketenagakerjaaan”terang Dokta.

Turut hadir Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kepulauan Sangihe, Hermin Ririswati Gaghana Katamsi, anggota DPRD Djamal Manopo, Pimpinan OPD, Camat Tabukan Utara Hasyim Samalam serta Kabag Protokol dan Kominikasi Pimpinan, Franky Nantingkaseh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here