Penyidik Polresta Manado Mulai Rambat Kuasa Hukum Ari Tahiru

Home » Penyidik Polresta Manado Mulai Rambat Kuasa Hukum Ari Tahiru

Manado, KOMENTAR.ID

Pengembangan kasus dugaan pembongkaran pagar beton yang dilaporkan PT Ciputra Internasional mulai merambat ke urusan pengacara atau kuasa hukum terlapor Ari Tahiru (67). Penyidik memanggil kuasa hukum Ari Tahiru, James Bastian Tuwo SH. Pengacara James memenuhi panggilan polisi pada Kamis (7/9/2021).

James dipanggil sebagai saksi dugaan pengrusakan pagar yang diklaim milik PT Ciputra Internasional, yang terjadi pada 17 Februari 2021, lalu.

“Ada pemanggilan sebagai saksi, dengan dugaan bahwa saya yang menyuruh saudara Ari. Saya klarifikasi itu, bahwa saudara Ari adalah klien saya. Saya sebagai warga negara Indonesia yang taat hukum. Saya datang memenuhi panggilan, saya klarifikasi sebagai saksi,” kata James, Kamis (7/10) usai menjalani pemeriksaan.

James merasa ada kejanggalan. Karena ia mendampingi Ari Tahiru sebagai kuasa hukum, sudah sejak 18 November 2020. Kata James, sesuai Undang-Undang Nomor 18 tentang Advokat, kuasa hukum atau pengacara wajib mendampingi, kliennya, dimana pun dia berada, baik dalam kasus pidana maupun perdata.

“Saya mendapat kuasa sejak tanggal 18 November 2020. Sesuai Undang-Undang Nomor 18 tentang Advokat. Apakah kasusnya perdata dan pidana. Itu sudah diatur di dalam UU, sehingga saya berkewajiban untuk membela klien saya, dimana pun mereka berada,” tutur James.

Mengenai dugaan pembongkaran yang dituding ke James, menurutnya saat ini masih dalam tahap uji kebenarannya.

“Karena klien kami menyatakan punya mereka (keluarga Ari Tahiru). Punya mereka. Dari uji itulah kita bisa tahu kebenarannya, siapa yang punya tanah tersebut,” katanya.

Terpisah, Kasat Reskrim Polresta Manado Kompol Taufiq Arifin S.Hut, SIK membenarkan adanya pemanggilan atas nama James Bastian Tuwo. Pemanggilan James Bastian Tuwo adalah sebagai saksi. Dia juga bilang, panggilan ini sudah sesuai dengan petunjuk Jaksa dan petunjuk P19.

“Dapat kami jelaskan bahwa, pemanggilan bapak James Bastian Tuwo, adalah sesuai dengan petunjuk jaksa, petunjuk P19, bahwa yang bersangkutan diperiksa sebagai saksi pada hari ini, Kamis, 7 Oktober pukul 09:00 WITA,” kata Arifin. (*)


Leave a Reply

Your email address will not be published.