Di Hadapan Bawaslu Minut, Dondokambey Ingatkan ASN Soal Netralitas

0
182
Sosialisasi Netralitas ASN dan Perangkat Desa digelar Bawaslu Minut. (Foto: Istimewa)

Manado, KOMENTAR.ID


Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Minut, menggelar sosialisasi tentang Netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) serta Perangkat Desa di Hotel Sutan Raja Minut, Sabtu (17/10/2020).


Pjs Bupati Minahasa Utara Clay Dondokambey yang hadir mengingatkan jajarannya ASN Pemkab Minut serta Kepala Desa/Kelurahan agar tetap bersikap netral pada pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara, Bupati dan Wakil Bupati Minahasa Utara tahun 2020.


“ASN beserta kepala desa, kumtua, harus netral. Ini penting saya tegaskan agar pilkada berjalan jujur dan adil tanpa intervensi birokrasi,” ujar Clay Dondokambey.


Sementara Komisioner Bawaslu Minut Rocky Ambar dan Rahman Ismail dalam pemaparannya menjelaskan tentang netralitas ASN dan kepala desa yang sangat jelas dan diatur dalam UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu dan UU Nomor 10 Tahun 2016 tentang perubahan kedua atas undang undang nomor 1 tahun 2015 tentang penetapan peraturan pemerintah pengganti Undang-Undang nomor 1 tahun 2014 tentang pemilihan gubernur, bupati, dan walikota menjadi undang-undang.


Dalam aturan tersebut, pada pasal 70 ayat (1) huruf (c) disebutkan bahwa Dalam kampanye, pasangan calon dilarang melibatkan kepala desa atau sebutan lain/Lurah dan perangkat desa atau sebutan lain/perangkat kelurahan.


(kid/bmc/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here