TNI AL Komando Armada II Latihan Patroli Bersama Dengan Komando Mindanao Timur, Lanal Tahuna Beri Dukungan Penuh

  • Whatsapp

Tahuna, KOMENTAR.ID

Keamanan wilayah perbatasan Indonesia Philipina terus menjadi prioritas tugas TNI Angkatan Laut (AL) dalam menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Berkaitan dengan itu, saat ini juga dilaksanakan latihan patroli bersama antara TNI AL Komando Armada II Dengan Komando Mindanao Timur (Angkatan Bersenjata Philipina), dengan nama Patkor Tahap II Copra Philindo XXXV-2021.

Sebagai bentuk dukungan penuh, Pangkalan TNI AL (Lanal) Tahuna, menyambut kedatangan KRI Layang-635 pada hari senin 19 Juli 2021 di Pelabuhan Nusantara Tahuna, dimana kedatangan KRI Layang-635 di Kabupaten Kepulauan Sangihe, yaitu dalam rangka melaksanakan patroli bersama antara Angkatan Laut Indonesia bersama dengan Angkatan Laut Philipina, Rabu(21/07/21)

Dalam latihan ini akan melibatkan dua unsur yaitu Angkatan Laut Philipina (BPR Aprolinario Mabini PS36) dan KRI Layang dengan nomor lambung 635 yang berada di Jajaran Gugus Keamanan Laut Koarmada II.

Komandan KRI Layang-635 Mayor Laut (P) Irwin Kurniady, M. Tr yang di temui sejumlah wartawan menjelaskan, maksud dan tujuan dilaksanakannya kegiatan latihan bersama, merupakan wujud kerjasama untuk mengamankan wilayah perbatasan antara Indonesia dan Philipina terhadap giat perompak, giat ilegal lainya serta untuk meningkatkan interopabilitas dan membina hubungan antara kedua Negera.

“Selain menjaga perbatasan dan hubungan baik antar kedua negara, latihan kami juga bertujuan untuk menguji doktrin, prosedur komunikasi serta intruksi dalam pelaksanaan operasi antar kedua Angkatan Laut di dua negara tersebut”,ungkap Irwin.

Sementara itu, komandan TNI AL Tahuna Kolonel laut (P) Sobarudin. M.Tr. Hanla, menjelaskan, Lanal Tahuna yang merupakan angkatan laut terdekat dalam wilayah operasi tersebut, siap melaksanakan dukungan penuh terhadap suksesnya pelaksanaan operasi kedua negara dengan melaksanakan 5R (Rebase, Replanishment, Repair, Rest dan Recreation) terhadap unsur-Unsur/KRI yang datang di Pangkalan TNI AL Tahuna.

“Selain bantuan 5R, pihak Lanal Tahuna juga siap membantu dalam menyiapkan data data Intelijen untuk kebutuhan Operasi”,ujar Sobarudin

Sementara yang ikut dalam kegiatan operasi ini, diantaranya Komandan KRI Layang-635 Mayor Laut (P) Irwin Kurniady, M. Tr. Opsla serta pejabat onboard dalam giat Operasi tersebut yaitu Danguskamla Koarmada II, Laksamana Pertama TNI I Gung Putu Alit Jaya. S.H.,M.Si.

Related posts