Akhirnya Sangihe Zero Covid, Bupati Minta Warga Tetap Patuhi Prokes

  • Whatsapp

Tahuna, KOMENTAR.ID

Kasus positif Covid-19 di Kabupaten Kepulauan Sangihe Provinsi Sulawesi Utara sejak dua pekan terakhir zero atau dalam posisi nol kasus.

Hal ini dikatakan Bupati Kepulauan Sangihe, Jabes Ezar Gaghana saat meresmikan Pos Pelayanan Terpadu Kantor Lurah Apengsembeka baru-baru ini.

Meski sudah zero, Jabes tetap meminta masyarakat di kawasan yang berbatasan dengan negara tetangga Philipina, terus mematuhi protokol kesehatan (Prokes), yakni memakai masker, rajin mencuci tangan serta menjaga jarak atau menghindari kerumunan.

“Informasi dari Kepala Dinas Kesehatan pak Jopy Thungari, kasus Covid-19 di Sangihe zero, namun kita jangan lengah tapi tetap waspada dan mematuhi prokes, sebab posisi zero ini harus tetap dipertahankan,”kata Jabes

“Saya juga menyampaikan apresiasi kepada tokoh agama, tokoh masyarakat yang tak henti melakukan himbauan maupun seluruh lapisan masyarakat yang konsisten mengikuti prokes,”ungkap orang nomor satu di bumi Tampungang Lawo.

Dikonfirmasi terpisah, Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Kepulauan Sangihe, Jopy Thungari mengatakan, kasus terakhir positif terjadi pada tanggal 2 April 2021, dan hanya satu kasus.

“Memang untuk jumlah keseluruhan positif selang setahun ada 310 kasus, namun 302 orang sudah dinyatakan sembuh, sedangkan delapan orang telah meninggal dunia,”ujar Jopy.

Begitu pun dari 15 kecamatan di Kepulauan Sangihe, terdapat dua kecamatan yang tidak pernah tersentuh Covid-19, yakni Kecamatan Kepulauan Marore dan Kecamatan Tabukan Selatan Tenggara.

“Untuk tiga besar yang paling banyak Covid berada di Kecamatan Tahuna Timur dengan 83 kasus, kemudian Kecamatan Tahuna 81 kasus dan kecamatan Tabukan Utara 47 kasus,”beber Jopy.

Related posts