Buka Lapangan Kerja di Masa Pandemi, GSVL Gandeng Inspire Berdayakan Mantan Narapidana

0
304

Pembukaan Second Chance Cafe di Megamasa. Foto: Istimewa


Manado, KOMENTAR.ID 

Walikota Manado GS Vicky Lumentut (GSVL) terus menggenjot pemberdayaan kesejahteraan masyarakat di masa pandemi covid-19. Sambil mendorong kinerja IKM-UMKM, GSVL ikut menyiapkan lapangan kerja bagi mantan narapidana yang sudah menyelesaikan masa hukuman badan. Komitmen suami Prof Dr Julyetha Paulina Amelia Runtuwene (JPAR) ini dibuktikan dengan mengandeng Inspire, sebuah organisasi yang konsen dengan masa depan mantan narapidana. Kerjasama ini untuk melatih dan merekrut mantan narapidana bekerja dalam wadah yang sudah disiapkan pemerintah dan Inspire. 
Pemerintah Kota Manado bersama Inspire bekerja sama dengan Kopi Seru membuka Second Chance Café di Kawasan Megamas, seberang Kantor Dinas Pariwisata Manado. Semua operasional dan pembuatan kopi akan ditangani para barista yang direkrut dari Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Manado dan telah mengikuti pelatihan.

Pembukaan Second Chance Cafe di Megamasa. Foto: Istimewa

“Saya berharap, dengan kerjasama ini, para mantan narapidana dapat hidup normal. Mereka berhak mewujudkan kesejahteraan hidup melalui lapangan kerja,” ujar GSVL di Bilangan Megamas. 
Dukungan GSVL mendapat apresiasi Inspire Manado. “Kami senang sekali mendapat dukungan dari pemerintah daerah Bapak Vicky Lumentut (Walikota Manado), Bapak Hendrik Warokka (Kadis Perindag), dan semua jajaran
yang terlibat. Ketika kami melatih di penjara dan mendengar kisah-kisah yang mengubah kehidupan para pemuda ini. Kami tahu Inspire harus membantu mereka kembali ke masyarakat dengan menawarkan program magang di Kafe Kesempatan Kedua (baca: Second Chance Café), guna memberi mereka kesempatan menuju kehidupan baru,” ujar Hein, dari Inspire Manado.
Pihaknya juga berterima kasih kepada Disperindag Manado yang menaungi IKM-UMKM sebagai mitra kerja, sehingga Second Chance Café boleh hadir di Manado.
Second Chance Café akan menyajikan varian minuman kopi dari Kopi Seru–merek baru yang diharapkan menjadi populer juga di Manado. Semua keuntungan dari kafe akan disalurkan kembali ke dalam pekerjaan Inspire. 
Inspire juga bergerak di bidang olahraga. Ponto Wuisang Kakauhe, Sekretaris Dispora Manado menambahkan, “kami begitu bersemangat bermitra dengan Inspire untuk memberikan kesempatan kedua bagi mantan narapidana. Inspire telah berdampak di dalam penjara, dan sekarang kami membantu mereka dalam upaya yang kita semua bisa lihat sangat dibutuhkan untuk membantu para pemuda ini agar tidak kembali melakukan pelanggaran hukum,” ujar dia. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here