BREAKING NEWS: Gempa 7,1 Magnitudo Guncang Talaud, Listrik Padam, Fasilitas Publik Rusak

0
451

Monumen Tuhan Yesus Raja Memberkati, di Melonguane, Kabupaten Talaud. (DOKUMENTASI KOMENTAR.ID)



Melonguane, KOMENTAR.ID


Gempa berkekuatan magnitudo 7,1 mengguncang Kabupaten Talaud, Sulawesi Utara, Kamis (21/01/21) sekitar pukul 20.23 WITA.


Berdasarkan informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.


Namun pascagempa, listrik di Kabupaten Talaud dan wilayah sekitar terinformasi padam. Informasi lain juga menyebut, sejumlah fasilitas publik rusak akibat diguncang gempa.


“Baru masuk laporan ke saya RSUD Mala mengalami kerusakan pada bagian tembok dan lantai. Belum tahu juga sarana dan fasilitas publik lainnya,” tutur Wakil Bupati Talaud Moktar Parapaga dihubungi Komentar.id, Kamis (21/01/21) malam. 


Lantai RSUD Mala, retak setelah diguncang gempa magnitudo 7,1. (ISTIMEWA/KOMENTAR.ID)


Ferdy Sulelino, Warga Kordakel, Pulau Kabaruan Talaud kepada wartawan mengaku gempa yang terjadi membuat warga panik. Selain guncangannya keras, gempa turut dirasakan cukup lama.


“Ada sekitar satu menit kami merasakan gempa itu. Pokoknya warga di sini menjadi panik dan berhamburan keluar rumah. Beberapa saat setelah gempa listrik padam,” ujarnya via telepon.


Analisis BMKG menyebutkan pusat gempa berada di 4.98 Lintang Utara (LU), 126.38 Bujur Timur (BT) pada kedalaman 154 kilometer di 134 kilometer timur laut Melonguane, Sulut.


Diketahui gempa dengan magnitudo 7,1 juga pernah mengguncang Kepulauan Talaud pada 20 Desember 2018 atau dua tahun lalu. 



(kid/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here