Terdampar di Kabupaten Sitaro, 5 ABK KM Nur Star Dievakuasi Pos TNI AL Siau

  • Whatsapp

Tahuna, KOMENTAR.ID

Lantaran kapal mereka mengalami kerusakan mesin saat sedang mencari ikan disekitar perairan pulau Lembe Kota Bitung, Selasa (27/07/21), 5 ABK kapal ikan KM Nur Star nekad meninggalkan kapal dan terdampar di Kabupaten Kepulauan Sitaro Kamis (29/07/21).

Pos TNI AL Siau yang mendapat informasi dari Babinpontar Bitung, Kamis sekitar pukul 08.00 wita, langsung melaksanakan SAR terhadap 5 ABK yang perkirakan sudah hanyut dan sampai di perairan Kepulauan Sitaro dan berusaha menyelamatkan diri dengan hanya menggunakan perahu kecil jenis Pakura.

Dan atas koordinasi dengan Danpos SAR Tahuna dan Kepala Desa Buhise, sekitar Pukul 02.00 dinihari, Dan Posal Siau Letda Laut (P) Supratman dibantu anggota Posal Sertu Tku P. Agiel Pribadi dan Sertu Pom Jhony Gunawan, mengamankan 2 ABK KM. Nur Star yang terdampar di daratan Kampung Buhise Kecamatan Siau Timur.

Selanjutnya Pukul 03.00 wita, Posal Siau lanjut mengamankan 3 ABK lainnya yang terdapar di kampung Lia Kecamatan Siau Timur yang sudah berada di rumah kepala desa setempat.

“Saat ini ke 5 Orang ABK sedang Istirahat di Pos TNI AL Siau, sambil terus berkoordinasi untuk pemulangan mereka,”kata Dan Posal Siau, Letda Laut (P) Supratman, yang juga menambahkan, SAR yang dilaksanakan Posal Siau juga atas perintah Danlanal Tahuna Kolonel Laut (P) Sobarudin.M.Tr Hanla.

Related posts