Pemberhentian Helmud Sebagai Wabup, Pemkab Sangihe Jamin 4 Bulan Gaji Dan JKK

  • Whatsapp

Tahuna, KOMENTAR.ID

Sebulan lebih meninggal dunia, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kepulauan Sangihe lewat rapat paripurna, menindak lanjuti pemberhentian Almarhum Helmud Hontong sebagai Wakil Bupati (Wabup), Senin (19/07/21).

Rapat dipimpin Ketua DPRD Josephus Kakondo, yang diawali dengan pembacaan surat masuk dari Bupati Kepulauan Sangihe, Nomor: 100/1/2184 tentang fasilitasi pemberhentian Wakil Bupati Kepulauan Sangihe.

“Pemberhentian almarhum dari jabatannya sebagai Wakil Bupati Sangihe oleh karena meninggal dunia dipanggil Tuhan yang mahakuasa di Makasar, Rabu (09/06/2021),”kata Josephus.

“Atas nama lembaga dan seluruh anggota DPRD Kabupaten Sangihe, selaku pimpinan DPRD menyampaikan terima kasih kepada Almarhum Helmud Hontong atas pengabdian dan dedikasinya selama menjabat Wakil Bupati maupun sebagai anggota DPRD periode 2009- 2014 dan periode 2014- 2017,” lanjut Josephus sambil mengetuk palu.

Dikesempatan itu, Josephus turut memberi penguatan kepada keluarga, lebih khusus isteri Rahel Hontong Sasamu bersama putra semata wayang Geral Hontong.

“Kiranya Tuhan senantiasa memberikan kekuatan dan ketabahan bagi keluarga dalam menjalani kehidupan,”ucap Josephus.

Sementara dihubungi terpisah, Kepala Badan Kepegawaian Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Sangihe, Steven Lawendatu mengatakan, pasca meninggalnya almarhum, Pemkab Sangihe menjamin pembayaran gaji almarhum hingga empat bulan berjalan, termasuk memfasilitasi pembayaran Jaminan Keselamatan Kerja (JKK) almarhum.

“Mengenai besaran JKK kami belum dapat memastikan karena itu langsung berhubungan dengan pihak Taspen,”ujar Steven.

Ia juga memastikan untuk jabatan Wabup yang kosong sudah tidak dapat diisi oleh yang lain, sebagaimana mengacu pada Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri).

“Menurut Permendagri, jabatan wakil bupati jika tidak lagi sampai 18 bulan setelah ditinggalkan, maka dibiarkan lowong. Jadi karena almarhum meninggal tersisa 11 bulan hingga akhir masa jabatan, dengan sendirinya untuk jabatan Wabub Sangihe tetap kosong,”jelas Steven

Related posts