Dua WNI Tajir Mendadak, Bikin Situs Palsu Raup Rp873 Miliar

  • Whatsapp
Dua WNI pembuat website palsu diamankan Polda Jatim. [IST/LIPUTAN6]

Surabaya, KOMENTAR.ID

Masa pandemi Covid-19 membuat lini perekonomian di seluruh dunia menjadi tidak stabil. Imbasnya, tidak sedikit kejahatan terjadi. Baik pencurian, pembunuhan, penipuan dan sebagainya.

Kasus teranyar di mana dua WNI berinisial SFR dan MCL, ditangkap oleh Polda Jatim yang berkoodinasi dengan FBI dari AS.

Mereka ditangkap karena kasus penipuan besar. Penipuan yang mereka lakukan adalah membuat situs penggalangan dana covid palsu.

Situs ini dibuat bertujuan untuk mendapatkan bantuan dana Covid-19 dari pemerintah AS dan mereka telah meraup dana sebesar $ 60 juta AS atau Rp 873 miliar.

“Situs yang mereka bikin ini menyerupai page pemerintah AS,” ungkap Kapolda Jatim Inspektur Jenderal Nico Afinta sebagaimana dilansir dari CNN Indonesia, Jumat (16/04/2021).

Kronologi penipuannya, dua pelaku ini menyebar alamat web secara acak dengan menggunakan layanan SMS Blast. Sasarannya 20 juta warga negara Amerika Serikat.

Tugas dari MCL adalah membuat scam page dan SKR tugasnya menyebarkan berita melalui applikasi SMS Blast ke 20-an juta nomor telepon di Amerika Serikat.

SMS Blast yang mereka kirim konon berhasil menyasar 30.000-an warga Amerika. Para warga ini pun tertipu.

Kapolda Nico menjelaskan bahwa mereka telah menyalahgunakan pencairan dana Covid-19 untuk warga AS. Seperti yg terjadi pada salah satu warga yg menyumbang dana sebesar $ 2000 atau Rp 29 juta.

Kasus ini terungkap berkat kerjasama Polda Jatim, Divisi Hubungan Internasional Mabes Polri dan FBI.

[fty/kid/cnn]

Related posts