Olly Lantik Lima Kepala Daerah di Sulut: Kalau Sudah Duduk Jangan Lupa Berdiri

  • Whatsapp
Pelantikan
Lima kepala daerah yang dilantik foto bersama Gubernur dan Forkompimda Sulut. [TANGKAPAN LAYAR VIDEO]

Manado, KOMENTAR.ID

Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey didampingi Wakil Gubernur Steven Kandouw melantik serentak empat bupati dan wakil bupati serta satu walikota dan wawali, di Gedung Graha HV Worang, Bumi Beringin Manado, Jumat (26/2/2021) pukul 08.30 Wita.

Read More

Keempat bupati dan wabup itu yakni Joune Ganda dan Kevin Lotulung (Minahasa Utara), Franky Wongkar-Petra Rembang (Minahasa Selatan), kemudian Sachrul Mamonto-Oscar Manoppo (Boltim) dan Iskandar Kamaru-Deddy Hamid (Bolmong Selatan).

Lalu dilantik juga Walikota dan Wakil Walikota Tomohon Carol Senduk-Wenny Lumentut.

Sekadar flash back, pada pilkada lalu pasangan Joune Ganda-Kevin Lotulung meraih suara 69.633. Pasangan dengan jargon JGKWL ini unggul telak di Pilkada Minut. JGKWL bahkan memupus ambisi anak incumbent Vonnie Panambunan yang ikut mencalonkan diri.

Kemudian Franky Wongkar-Petra Rembang berhasil meraup 74.875 suara di Minahasa Selatan. Pasangan ini sebenarnya bukan unggulan mengingat ikut bertarung di Pilkada Minsel, Michaela Elsiana Paruntu (MEP), yang tak lain adik sang incumbent Christiany Eugenia Paruntu (CEP). Namun tahta Paruntu terbukti mampu dipatahkan Wongkar-Rembang.

Lalu di Bolmong Timur pasangan Sachrul Mamonto dan Oscar Manoppo sukses meraih perolehan 20.965 suara. Pasangan non unggulan ini berhasil menggeser spekulasi politik yang menyebut kemenangan di Boltim akan menjadi milik pasangan PDIP. Sachrul bahkan disebut-sebut sukses meredam ambisi ‘bos’-nya di dunia pers, Suhendro Boroma, yang dicalonkan PDIP.

Selanjutnya pasangan Iskandar Kamaru-Deddy Hamid menang telak di Bolsel. Pasangan ini sukses menggondol 33.120 suara di Bolmong Selatan (Bolsel).

Terakhir pasangan Walikota-Wakil Walikota Tomohon, Carol Senduk-Wenny Lumentut. Jagoan PDIP-Gerindra ini memang sudah diprediksi akan meraih kemenangan di Pilkada Tomohon Desember lalu.

Ini karena carut marut yang terjadi di internal Partai Golkar sebagai pesaing mereka, yang membuat pasangan ini melenggang mulus memenangkan pilkada dengan dukungan 43.611 suara rakyat Kota Tomohon.

Gubernur Olly Dondokambey dalam pelantikan tersebut mengajak para bupati dan wakil bupati serta walikota dan wakilnya agar langsung tancap gas mengemban amanah yang diberikan.

Tak lupa pula gubernur meminta kepala daerah yang baru dilantik agar bersinergi dengan pemerintah provinsi bahkan pemerintah pusat dalam memajukan daerah serta mensejahterakan masyarakat.

Selamat kepada kepala daerah yang dilantik. Kalau sudah duduk, jangan lupa berdiri…

[yha/kid]

Related posts