Masata Minahasa Terbentuk, Siap Genjot Potensi Pariwisata

  • Whatsapp
Pengurus DPC Masata Minahasa saat audiens dengan Kepala Dinas Pariwisata Minahasa Teddy Sumual. [IST]

Tondano, KOMENTAR.ID

Kabar baik datang dari Kabupaten Minahasa. Dewan Pengurus Cabang (DPC) Masyarakat Sadar Wisata (Masata) Kabupaten Minahasa kini terbentuk.

Maria Nangka ditunjuk sebagai Ketua DPC, Servy Kaligis sebagai Wakil Ketua, Margarth Cindy Pangkey sebagai Sekretaris dan Lucy Karoles Bendahara.

Struktur organisasi kepariwisataan ini juga didukung dewan penasehat dan 7 kepala bidang organisasi (selengkapnya lihat grafis).

Kepengurusan DPC Masata Minahasa  telah dilantik oleh DPD Sulut bersamaan dengan pelantikan kepengurusan tingkat DPC enam kabupaten dan kota yang dilaksanakan di Pusat UMKM Jendela Indonesia, Jumat 19 Maret lalu.

Keenam DPC tersebut yaitu Manado, Bitung, Tomohon, Minahasa, Minahasa Utara dan Minahasa Tenggara.

Kepala Dinas Pariwisata Kadispar Minahasa Teddy Sumual mengapresiasi pembentukan DPC Masata di Minahasa. Ia mengatakan, Pemkab Minahasa sedang giat menyusun konsep strategis untuk meningkatkan destinasi wisata.

“Saya sangat welcome kehadiran Masata ini. Nantinya kita akan berkolaborasi, ada program dinas, kita akan menggandeng atau bekerja sama dengan Masata, “ujar Sumual saat menerima kunjungan pengurus DPC Masata Minahasa, Kamis (15/04/2021) kemarin.

Ia berharap setelah terbentuknya DPC Masata Minahasa akan lebih mengangkat dan membawa sektor pariwisata Minahasa lebih maju.

“Apalagi, Kabupaten Minahasa memiliki banyak potensi wisata. Ada 64 titik desa wisata di Minahasa. Desa wisata itu dibentuk dan diarahkan pengunaan dana ke Bumdes. Contoh di Rumbia. Pemanfaatan objek wisata melibatkan masyarakat setempat lewat dana Bumdes,” papar Sumual menambahkan, konsep pengembangan pariwisata Minahasa saat ini berada di pantai timur.

“Ini merupakan kunjungan silaturrahmi perdana DPC Masata Minahasa dengan  Pemkab dalam hal ini Dinas Pariwisata. Maksud dan tujuan kedatangan sekaligus memperkenalkan pengurus Masata Minahasa yang sudah terbentuk,” timpal Ketua DPC Maria Nangka.

Ia mengatakan,  DPC Masata Minahasa siap bersinergi dengan pemerintah dalam pengembangan wisata.

“Masata sebagai mitra pemerintah dalam membantu memajukan pariwisata di Minahasa yang berfokus pada pemberdayaan SDM dan pemberdayaan Desa yang berpotensi Wisata. Masata akan fokus di pemberdayaan SDM pokdarwis, Bumdes di desa desa yang ada destinasi wisata khususnya desa wisata,” ujarnya.

Potensi objek wisata di Kabupaten Minahasa cukup banyak dan memiliki daya tarik tersendiri. Olehnya Masata memiliki tanggung jawab untuk mengajak masyarakat agar peduli dan berperan dalam mendukung kemajuan pariwisata dan juga mengajak masyarakat untuk peduli pada perkembangan dan kemajuan pariwisata.

“Kami siap bergerak cepat untuk kemajuan pariwisata khususnya di Minahasa,” ujar wanita yang juga dikenal instruktur diving center ini.


STRUKTUR DPC MASATA KABUPATEN MINAHASA

KETUA                : MARIA NANGKA

WAKIL KETUA : SERVY KALIGIS

SEKRETARIS    : MARGARTH CINDY PANGKEY

BENDAHARA   : LUCY KAROLES

Bidang-Bidang

1.KABID PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN  :   KRAS PADA

2. KABID PENGUATAN HUKUM DAN HAM :  BILLY TAMBAHANI

3. KABID MEDIA INFORMASI DAN HUBUNGAN MASYARAKAT : VIAN MANOPO

4. KABID USAHA DANA : HABEL PIETER

5. KABID PEPEMBERDAYAAN KOMUNITAS

PARIWISATA DAN UKM : ANITA CHANIAGO

6. KABID PELESTARIAN BUDAYA DAN PARIWISATA BERKELANJUTAN : REYNALDO TUMILAAR

7. KABID KEBERSIHAN, KESEHATAN dan KESELAMATAN  : CHRISTY PALILINGAN

[bly/kid]

Related posts