Lanal Melonguane Uji Coba Budidaya Rumput Laut Sistim Karamba

  • Whatsapp

Melonguane, KOMENTAR.ID

Lanal Melonguane kembali melakukan inovasi di daerah perbatasan paling utara NKRI, Talaud.

Read More

Di mana Lanal Melonguane melakukan kegiatan uji coba budidaya rumput laut sistim keramba di Desa Alo Kecamatan Rainis Kabupaten Talaud, Rabu (12/5/2021).

Danlanal Melonguane Letkol Marinir Adi Sucipto Hanla menyampaikan bahwa metode rumput laut sistim keramba tersebut sudah mulai dilaksanakan beberapa waktu yang lalu.


Ia menjelaskan ide budidaya rumput laut sistim keramba jaring tersebut dilatarbelakangi adanya keengganan masyarakat untuk melaksanakan budidaya rumput laut.

“Karena pengalaman mereka yang gagal yang disebabkan rumput laut yang mereka budidayakan dirusak oleh ikan-ikan. Kami kemudian berupaya mencari pemecahan atas permasalahan tersebut,” ungkap Danlanal kepada wartawan di Melonguane, Rabu (12/05/2021).

“Saya yakin bahwa sistim budidaya rumput laut dengan menggunakan sistim keramba ini akan jauh lebih baik dibandingkan dengan sistim lama yang menggunakan bentangan tali yang panjang. Selain lebih rapi, indah, tertata, ramah lingkungan dan tidak memakan tempat yang luas, sistim keramba ini juga akan melindungi rumput laut dari gangguan ikan atau pemangsa yang dapat mengakibatkan kegagalan panen,” jelasnya.

Setelah uji coba pertama ini berhasil, maka selanjutnya akan optimalkan peran serta masyarakat untuk pengembangannya.

“Kami hanya sebagai pembina yang akan  mengarahkan, memotivasi serta membantu memberikan solusi apabila nantinya kembali terdapat berbagai kendala. Semoga terobosan ini berhasil dan menjadi solusi atas permasalahan yang pernah dialami oleh masyarakat nelayan,” tukas Danlanal yang berharap saat peresmian Kampung Bahari Nusantara nanti, rumput laut yang sudah ditebar akan bisa dipanen.

[ndo/kid]

Related posts