Ahok Masuk Bursa Calon Presiden 2024

  • Whatsapp
Ahok
Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). [ISTIMEWA/TAGAR.ID]

Jakarta– Nama Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok kembali ramai dibicarakan publik.

Ini setelah Lembaga Survei Indonesia (LSI) merilis survei terkait peta Pilpres 2024 Senin (22/2/2021), yang menempatkan Ahok masuk dalam bursa Calon Presiden RI 2024.

Dalam rilis survei itu, Ahok ada di bawah Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan. Dia di urutan empat. Data itu didapat berdasarkan simulasi semi terbuka saat disodorkan 29 nama kandidat pada responden.

Dalam simulasi semi terbuka, nama Jokowi dikesampingkan karena sudah dua periode menjabat. Akan tetapi, dalam simulasi tertutup dari 14 nama dan 10 nama kandidat capres 2024, tidak ada nama Ahok.

Sementara Prabowo, Ganjar dan Anies tetap konsisten berada di tiga besar dengan elektabilitas tertinggi.

Survei nasional itu melibatkan 2.300 responden yang diwawancarai tatap muka. Margin of error kurang lebih 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. Survei dilakukan pada 25 sampai 31 Januari 2021.

Mengenai alasan memilih kandidat capres, mayoritas menjawab perlu orang tegas dan berwibawa yakni 27.6 persen, merakyat sebesar 22,5 persen, jujur dan antikorupsi 9,6 persen, berpendidikan 7,2 persen dan seterusnya.

Masuknya Ahok dalam bursa capres 2024 ini cukup menarik perhatian. Sebab saat ini ia merupakan Komisaris Utama Pertamina. Demikian melansir Kumparan.

 

[kum/kid]

Related posts