Awas Anjing dan Kucing tidak Dikandangkan, Bisa Disita Pemkot Manado

0
645
Hewan peliharaan seperti anjing harus dikandangkan atau dipelihara di pekarangan rumah. Tidak bisa liar seperti ini. (ISTIMEWA | KOMENTAR.ID)

Manado, KOMENTAR


Dalam upaya memberantas rabies pada hewan peliharaan, Pemerintah Kota Manado melalui Dinas Perikanan Peternakan dan Perikanan Kota Manado meminta kepada warga untuk mengandangkan semua hewan peliharaan, terutama anjing dan kucing.


Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Hesky Mamahit mengatakan, sesuai dengan Peraturan Daerah Kota Manado Nomor 4 tahun 2019 Tentang Ketentraman dan Ketertiban Umum pada Pasal 38 bahwa, semua hewan ternak dan hewan peliharaan wajib di kandangkan atau di pelihara di pekarangan.


“Dengan kata lain tidak bisa dibiarkan bebas berkeliaran di lingkungan tempat tinggal. Pemerintah bisa menyita hewan ternak atau hewan peliharaan yang tidak dikandangkan dan pemilik wajib membayar biaya pemeliharaan bahkan jika dalam tiga hari tidak diambil hewan ternak dan hewan peliharaan menjadi milik pemerintah daerah,” ujar Mamahit ketika ditemui di kantornya, Selasa (09/02/21).


Menurut Mamahit, hewan yang tidak dikandangkan sangat rentan terkena penyakit rabies untuk itu kesadaran masyarakat dalam hal pemeliharaan hewan untuk dapat ditingkatkan. 


“Tahun 2020 hewan yang terkena penyakit rabies masih tinggi yakni 60an hewan. Sangat penting hewan peliharaan termasuk anjing dan kucing untuk di kandangkan. Sebab selama tidak terkontaminasi dengan hewan liar maka sangat kecil kemungkinannya anjing dan kucing akan tertular rabies,” ujar Mamahit.



(kid/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here