Kapolda Sulut Berbagi Pengalaman di Pemkot Manado

0
103

Manado, KOMENTAR.ID

Manggis Travel

Walikota Manado Andrei Angouw menerima kunjungan Kapolda Sulut Bpk. Irjen Pol Yudhiawan, S.I.K., S.H.,M.H.

Dikesempatan itu, Kapolda didampingi unsur pimpinan Polda Sulut serta Kapolres Manado Bpk. Kombes Pol. Julianto Sirait S.I.K.,S.H

Kehadiran Kapolda Sulut ingin bersilaturahmi dengan Walikota Manado beserta jajaran Pemerintahan Kota Manado.

Hadir Wakil Walikota dr Richard Sualang, Sekretaris Pemerintah Kota Bpk. Dr. Micler C.S. Lakat S H, M.H dan Kadis Kominfo Bpk. Rein Heydemans.

Kapolda bertanya soal teknologi pemantauan Lokasi di Kota Manado.

Walikota memperkenalkan bahwa Kota Manado sudah memiliki Call Center 112 yang dioperasionalkan oleh Dinas Kominfo Kota Manado. Juga ditanyakan soal Perda atau Perwako yang berkaitan dengan penggunaan CCTV.

Kapolda sendiri, menceritakan pengalamannya sebagai Kapoltabes Makasar dalam menangani berbagai persoalan Kamtibmas di Kota Besar seperti Makasar.

Termasuk juga disampaikan berbagai pengalaman ketika menangani Demo. Hal lain yang dibicarakan juga soal kenalpot bising kendaraan bermotor serta penanganan minuman keras dan narkoba, mabuk-mabukan dll.

Ikut dibahas juga soal CCTV dalam memantau situasi dan keadaan lokasi termasuk aktivitas warga. Kapolda menyampaikan pengalaman soal CCTV dibeberapa negara Eropah yang sudah ada sejak tahun 1996-1997.

Berbagai pengalaman ini dibicarakan untuk selanjutnya diterapkan di Sulut termasuk di Kota Manado. Perkembangam teknologi yang canggih ini dimanfaatkan untuk kepentingan pengamanan wilayah termasuk untuk kepentingan pemantauan warga ketika beraktifitas diluar rumah.

Selesai pembahasan, Kapolda didampingi Wali Kota, Wakil Walikota, Kapolres Manado, Sekot dan pejabat lainnya mengunjungi Command Center untuk melihat situasi serta operasionalisasi CC tersebut.

Selain bertanya-tanya ke beberapa operator Kapolda ikut mencoba melakukan hubungan langgsung lewat call center 112 ke Pos Penjagaan Polda Sulut.

[kid/rol]