Pangbes Manguni Makasiouw Bangun Rumah Korban Tanah Longsor, Pemerintah Kemana?

  • Whatsapp
Pasukan Adat Manguni Makasiouw bangun rumah warga korban bencana tanah longsor. (Foto KID)

Manado, KOMENTAR.ID

Panglima Besar Pasukan Manguni Makasiouw Andy Rompas mengerahkan pasukan Adat Manguni untuk membantu korban bencana longsor di Kelurahan Tingkulu Lingkungan VII, Kecamatan Tikala Kamis (18/2/2021).

Panglima Rompas pada kesempatan itu didampingi Isteri Nancy Hendriks yang juga salah-satu aktivis Nasional. Tidak tanggung-tanggung, Pangbes menurunkan dua buah alat besar dan empat kendaraan Dum Truk mengangkat puing-puing longsor yang menimpa rumah keluarga Rantung-Kasenda.

Tidak hanay itu saja, Pasukan Adat Manguni di bawah Komando Pangbes Rompas langsung berinisiatif membangun kembali banguna rumah yang cukup ringsek akibat terjangan tanah longsor beberapa waktu lalu.

Diungkapkan Rompas, kegiatan itu dilakukan guna membangun  kembali Budaya Mapalus dan Sitou Timou Tou, yang menurutnya telah hampir punah dimakan jaman. “Kami tergerak hati untuk membantu tanpa pamrih. Ini adalah bentuk upaya membangun Budaya Mapalus yang telah diwariskan oleh leluhur. Karena dijaman ini, banyak yang terbuai dengan dunia maya, bukan dunia nyata,” ucap Rompas saat diwawancarai awak media.

Ia sendiri berharap, Pemerintah Daerah dan Pemerintah Pusat bisa tergerak hati melihat kondisi masyarakat. Menurutnya, kondisi yang terhimpit Pandemi sudah sangat menjadi batu sandungan dari sisi ekonomi warga miskin.

“Saya berharap, ada perhatian dari pemerintah bagi masyarakat yang terkena musibah, karena biar bagaimanapun, mereka adalah warga Negara yang menjadi korban. Saya lihat, bantuan yang datang hanya di dominasi dengan eforia dan gagah-gagahan berfoto ria, setelah itu pergi,” tandas Rompas, yang juga salah satu pencetus dan pendiri Laskar Manguni Indonesia dan Laskar Adat Manguni Indonesia Itu.

***

Related posts